Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Kencang Isi Baterai, Smartphone Mana yang Paling Cepat?

Kompas.com - 12/12/2017, 10:23 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pengisian baterai cepat alias fast charging sudah jadi fitur lumrah di kalangan ponsel-ponsel kelas atas. Namun, kecepatan charging di antara mereka bisa berbeda-beda.

Smartphone mana yang bisa mengisi baterai paling cepat? Untuk menemukan jawabannya, situs Tom’s Guide menggelar pengujian dengan peserta sejumlah model smartphone flagship Android dan Apple.

Ponsel-ponsel ini adalah LG V30, Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL, OnePlus 5T, Samsung Galaxy Note 8, Galaxy S8, dan Galaxy S8 Plus, serta Apple iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus.

Para peserta ditancapkan ke charger masing-masing dengan keadaan menyala, tapi layar dimatikan. Hasilnya, OnePlus 5T tampil terdepan dengan mengisi kapasitas baterai sebesar 59 persen dalam waktu 30 menit, disusul LG V30 dengan pengisian sebesar 53 persen.

Tiga urutan berikutnya dikuasai ponsel-ponsel Apple dengan catatan khusus, yakni memakai charger 29 watt (untuk MacBook) dan kabel converter USB-C ke lighting.

Kombinasi aksesori yang mesti dibeli terpisah dengan harga total 68 dollar AS (Rp 920.000) ini diperlukan supaya iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus bisa melakukan fast charging.

Tujuh smartphone yang paling cepat mengisi baterai, berdasarkan hasil uji Toms Guide terhadap sejumlah smartphone flagship Android dan Apple.Toms Guide Tujuh smartphone yang paling cepat mengisi baterai, berdasarkan hasil uji Toms Guide terhadap sejumlah smartphone flagship Android dan Apple.

Apple memang hanya membundel charger 5 watt standar dalam paket penjualan ketiga iPhone. Dengan charger bawaan ini, iPhone X paling banter hanya mampu mengisi daya 17 persen dalam 30 menit, dibanding 50 persen dengan charger MacBook 29 watt.

OnePlus 5T tidak menggunakan  Qualcomm Quick Charge, melainkan teknologi pengisian baterai cepat besutan sendiri bernama Dash Charge. Dibanding Quick Charge, Dash Charge memiliki keluaran arus lebih besar dan memakai sirkuit khusus di dalam charger untuk mengatur panas.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno, Senin (11/12/2017), Samsung Galaxy S8, Galaxy S8 Plus, dan Galaxy Note 8 berhasil mengisi baterai hingga kisaran 35-38 persen dalam 30 menit. Begitu pula dengan Google Pixel 2, dan Pixel 2 XL.

Kecuali ketiga model iPhone dan Google Pixel 2, ponsel-ponsel lain dalam pengujian memiliki kapasitas baterai lebih dari 3.000 mAh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com