"Keylogger" Ditemukan di Laptop HP, Pengguna Dianjurkan Update

Kompas.com - 12/12/2017, 17:09 WIB
ilustrasi BBCilustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - HP belakangan tersandung sejumlah masalah sekuriti. November lalu, perusahaan tersebut dituding diam-diam memasang spyware di PC Windows buatannya.

Bulan ini muncul laporan baru bahwa sebuah keylogger ditemukan di laptop HP. Jumlah laptop yang bermasalah terbilang banyak, mencapai 460 model yang saat ini berada di tangan jutaan pelanggan di seluruh dunia.

Keylogger adalah software pengintip untuk merekam apa saja yang diketikkan oleh pengguna dengan keyboard. Periset keamanan Michael Myng adalah orang pertama yang menjumpai sang keylogger ketika sedang mengutak-atik cara mengatur backlight keyboard di laptop HP.

“Saya membuka driver keyboard SynTP.sys, membukanya di IDA, dan menemukan beberapa string menarik (keylogger),” tulis Myng dalam sebuah artikel di Github.

Baca juga : HP Spectre 13, Laptop Layar Sentuh Tertipis Dijual di Indonesia

Selidik punya selidik, setelah Myng mengontak pihak HP untuk memberitahukan keberadaan tool pengintip itu, diketahui bahwa keylogger dimaksud ternyata merupakan alat debugging untuk mengecek error di software keyboard Synaptics.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PC World, Selasa (12/12/2017), saat memproduksi laptop, HP mematikan keylogger, tapi agaknya lupa untuk menghapus kode tersebut.

Keylogger sekarang dalam keadaan non-aktif secara default, tapi bisa saja diaktifkan oleh hacker jahil yang ingin mencuri informasi penting seperti password.

HP kini sudah menyediakan update untuk memghapus sang keylogger dari laptop buatannya. Silakan klik di tautan berikut ini untuk mengunduh update dan mengetahui model laptop apa saja yang terdampak.

Tentu, pemilik laptop yang tak sangaja dipasangi keylogger itu disarankan melakukan update untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber PC World
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X