Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Keylogger" Ditemukan di Laptop HP, Pengguna Dianjurkan Update

Kompas.com - 12/12/2017, 17:09 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PC World

KOMPAS.com - HP belakangan tersandung sejumlah masalah sekuriti. November lalu, perusahaan tersebut dituding diam-diam memasang spyware di PC Windows buatannya.

Bulan ini muncul laporan baru bahwa sebuah keylogger ditemukan di laptop HP. Jumlah laptop yang bermasalah terbilang banyak, mencapai 460 model yang saat ini berada di tangan jutaan pelanggan di seluruh dunia.

Keylogger adalah software pengintip untuk merekam apa saja yang diketikkan oleh pengguna dengan keyboard. Periset keamanan Michael Myng adalah orang pertama yang menjumpai sang keylogger ketika sedang mengutak-atik cara mengatur backlight keyboard di laptop HP.

“Saya membuka driver keyboard SynTP.sys, membukanya di IDA, dan menemukan beberapa string menarik (keylogger),” tulis Myng dalam sebuah artikel di Github.

Baca juga : HP Spectre 13, Laptop Layar Sentuh Tertipis Dijual di Indonesia

Selidik punya selidik, setelah Myng mengontak pihak HP untuk memberitahukan keberadaan tool pengintip itu, diketahui bahwa keylogger dimaksud ternyata merupakan alat debugging untuk mengecek error di software keyboard Synaptics.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PC World, Selasa (12/12/2017), saat memproduksi laptop, HP mematikan keylogger, tapi agaknya lupa untuk menghapus kode tersebut.

Keylogger sekarang dalam keadaan non-aktif secara default, tapi bisa saja diaktifkan oleh hacker jahil yang ingin mencuri informasi penting seperti password.

HP kini sudah menyediakan update untuk memghapus sang keylogger dari laptop buatannya. Silakan klik di tautan berikut ini untuk mengunduh update dan mengetahui model laptop apa saja yang terdampak.

Tentu, pemilik laptop yang tak sangaja dipasangi keylogger itu disarankan melakukan update untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PC World
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com