Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2017, 19:12 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

KOMPAS.com - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Twitter merilis daftar kicauan terpopuler di penghujung tahun 2017. Daftar tersebut dibuat berdasarkan banyaknya jumlah kicauan yang di retweet dan disukai oleh pengguna.

Biasanya, kicauan populer berasal dari orang-orang terkenal yang memiliki banyak follower. Alasannya, semakin banyak jumlah pengikut, semakin besar pula cakupan untuk menyebarkan berita.

Uniknya, kicauan terpopuler tahun 2017 bukanlah berasal dari orang ternama. Melainkan dari seorang remaja pria asal Nevada, Amerika Serikat, Carter Wilkerson .

Dalam tweet-nya, remaja berusia 16 tahun ini menuliskan kicauan random yang ditujukan pada salah satu restoran cepat saji, Wendy's.

"Berapa retweet yang aku butuhkan untuk mendapatkan nugget gratis selama satu tahun?," tulis Carter dalam akunnya.

Tak disangka, kicauan iseng itu dibalas oleh Wendy's. Restoran yang memiliki ikon anak gadis berkepang dua itu menyebutkan Carter harus mengumpulkan sebanyak 18 juta retweet untuk mendapatkan nugget gratis dari Wendys.

Carter pun mengabadikan (screenshot) perkcakapannya dengan Wendy's, kemudian menyebarkan capture dari percakapan tersebut untuk meminta dukungan dari para pengikutnya.

"Tolonglah, ada orang yang butuh nugget," tulis Carter dalam kicauannya.


Tak disangka, unggahan iseng Carter mendapat respons yang tidak terduga dari pengguna Twitter. Dari pantauan KompasTekno, Selasa (12/12/2017), kicauan Carter telah di-retweet sebanyak 3,6 juta kali dan mendapat tanda suka (love) 985.000.

Angka ini mengalahkan tweet swafoto presenter the Ellen Show, Ellen DeGeneres bersama sejumlah artis papan atas Hollywood di ajang penganugrahan Piala Oscar 2014 lalu. Tweet foto tersebut mendapat 3,4 juta retweet dan disukai 2,4 juta akun.

Meski retweet pada kicauannya tidak mencapai 18 juta, Carter tetap mendapat voucher nugget gratis selama setahun dari Wendy's. Tidak hanya itu, sebagai penghormatan atas semangatnya, Wendy's memberikan dana sumbangan sebanyak 100.000 dollar AS atau setara dengan Rp 1,3 miliar ke panti asuhan atas nama Carter.

Carter juga tidak ingin fenomena ini menguap sia-sia. Ia kemudian  membuat laman nuggsforcarter.com untuk mengumpulkan dana sumbangan bagi anak terlantar.

Tidak dipungkiri, fenomena yang berasal dari keisengan ini menarik perhatian bagi sejumlah perusahaan besar.

Perusahaan teknologi Microsoft, Google, dan Amazon bergantian mencuitkan ucapan selamat bagi Carter. Akun United Airlines menjanjikan penerbangan gratis ke restoran Wendy's di seluruh kota yang dijangkau pesawat United Airlines, kalau Carter mendapat 18 juta retweet.
 
Twitter bahkan sampai merilis tagar #NuggsForCarter yang akan memunculkan emoji sekantung nugget ayam ketika ditweet.

Daftar Lainnya

Selain Carter dan nugget gratisnya, kicauan Presiden ke 44 Amerika Serikat, Barrack Obama mendapatkan tempat sebagai tweet yang paling disukai. Kicauan tersebut dilontarkan sebagai respon mengenai demonstrasi supermasi kulit putih di Virginia  yang menewaskan sejumlah orang.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com