Baterai Baru Bisa Atasi iPhone yang Mulai Lelet? - Kompas.com

Baterai Baru Bisa Atasi iPhone yang Mulai Lelet?

Kompas.com - 13/12/2017, 16:39 WIB
Sel baterai yang ditambahkan di penutup bagian belakang iPhone 6 untuk menambah daya tahan baterai.Intelligent Energy Sel baterai yang ditambahkan di penutup bagian belakang iPhone 6 untuk menambah daya tahan baterai.

KOMPAS.com - Masalah klasik yang sering dikeluhkan pengguna iPhone lawas adalah penurunan kinerja dari waktu ke waktu. Salah satu keluhan diungkapkan pengguna yang mengeluhkan lemotnya iPhone 6s miliknya.

Ia adalah seorang anggota forum Reddit berakun TeckFire yang mengeluh kinerja iPhone 6s miliknya lebih lamban dibanding dengan iPhone 6s milik saudaranya. Itu dirasakannya setelah memperbarui sistem ke iOS 11.

Kemudian, ia melakukan sebuah tes menggunakan software benchmark GeekBench dan aplikasi pengukur daya tahan baterai.

"Tingkat pemakaian iPhone saya sekitar 20 persen saat menggunakan baterai lama. Di GeekBench, saya mendapatkan hasil 1466 single-core dan 2512 multi-core. Hasilnya tetap sama, baik ketika saya menyalakan mode hemat baterai atau tidak", jelas akun TeckFire, seperti dirangkum KompasTekno dari Macrumors, Rabu (13/12/2017).

Ia tak menyerah begitu saja, sejumlah trik dilakukannya. Salah satunya dengan mencoba baterai iPhone 6s miliknya. Hasilnya ternyata cukup manjur, iPhone tersebut kembali memiliki performa yang lebih baik ketimbang sebelumnya.

"Setelah mengganti baterai, saya menguji coba lagi apakah ini sekadar hasil sementara. Ternyata tidak. Hasilnya, saya mendapatkan skor 2526 single-core dan 4456 multi-core", imbuhnya.

Solusi di atas disebut berkaitan dengan masalah yang dialami iPhone 6 dan iPhone 6S. Tahun lalu, sejumlah pengguna iPhone 6 dan iPhone 6s mengeluhkan perangkat mereka yang kadang kala mati sendiri. Masalah mati mendadak ini tidak ditemui iPhone 5s dan iPhone 7.

Sebagai solusinya, Apple memberikan baterai baru secara gratis bagi iPhone 6 dan 6s yang bermasalah.

Apple pun mengeluarkan pembaruan iOS 10.2.1 sebagai obat lanjutan dari masalah itu. Setelah itu, Apple mengklaim sebanyak 80 persen iPhone 6 dan 70 persen iPhone 6s telah terobati.

Berkaca dari kasus iPhone milik TeckFire, sejumlah anggota di Reddit menyimpulkan, saat iPhone sudah berumur dan kapasitas baterai berkurang maka sistem akan meminta prosesor mengurangi kinerjanya (clock speed) untuk menjaga daya tahan baterai.

Sehingga secara rasional, cara mengatasinya adalah mengganti baterai iPhone dengan yang baru. Cara ini diyakini hanya berlaku untuk iPhone 6 dan iPhone 6s yang sebelumnya bermasalah dan diganti baterainya secara gratis.

Perlu diingat bahwa penemuan ini merupakan eksperimen kecil dari salah satu pengguna iPhone 6s, bukan analisis resmi dari Apple selaku vendor iPhone.

Untuk mengecek clock speed di iPhone, Anda bisa menggunakan aplikasi CPU Dasher. CPU Dasher kompatibel untuk iPhone dengan prosesor seri A7 dan setelahnya. Aplikasi ini bisa didapatkan di App Store melalui tautan berikut.

Baca juga : Mengapa Makin Lama Dipakai, Gadget Makin Lemot?


EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X