Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Rilis Pentium Silver dan Celeron, Pesaing Snapdragon 845

Kompas.com - 14/12/2017, 19:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Qualcomm dan Microsoft bekerja sama membuat kategori laptop baru bernama Always Connected PC yang menggunakan prosesor Snapdragon 835. Chip Snapdragon 845 pun diperkenalkan di panggung bersama Microsoft, pekan lalu. (Baca juga : Qualcomm Resmikan Always Connected PC, Laptop Windows 10 seperti Smartphone)

Langkah Qualcomm memasuki pasaran laptop seolah mengusik Intel yang selama ini meraja di ranah tersebut. Tak tinggal diam, Intel pun meluncurkan dua seri chip hemat daya untuk menghadang Snapdragon, Pentium Silver dan Celeron baru.

Kedua seri prosesor ini menggunakan arsitektur Gemini Lake yang baru. Seperti Snapdragon, Pentium Silver dan Celeron difokuskan ke aspek konektivitas internet dengan model Gigabit Wi-Fi 802.11 ac terintegrasi.

“Menggunakan standar industri 2x2 802.11 AC dengan kanal 160 MHz, pengguna kini memiliki kinerja network sangat kencang yang memberikan kecepatan download dua kali lebih tinggi dibanding sistem 802.11AC,” sebut Intel dalam sebuah keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (14/12/2017).

Seri Pentium Silver terdiri dari dua model prosesor, yakni Pentium Silver J5005 (desktop) dan N5000 (laptop).

Sementara, lini Celeron baru terdiri dari empat model Celeron J410S, J4005 untuk desktop, serta N4100, dan N4000 untuk laptop. Spesifikasi keenam prosesor baru ini bisa dilihat dalam dua tabel di bawah.

Daftar model prosesor Intel Pentium Silver dan Celeron baru untuk laptop.Intel Daftar model prosesor Intel Pentium Silver dan Celeron baru untuk laptop.
Daftar model prosesor Intel Pentium Silver dan Celeron baru untuk desktop.Intel Daftar model prosesor Intel Pentium Silver dan Celeron baru untuk desktop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SlashGear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com