Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2017, 11:03 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Salah ketik (typo) atau penerapan program auto correct yang kurang tepat saat mengirim pesan teks kadang kala mebuat pengguna Android merasa kesal. Pasalnya, perbedaan satu huruf bisa mengubah makna dari isi pesan secara keseluruhan.

Kini, typo dan auto correct yang kurang tepat di ponsel Android bisa diatasi dengan aplikasi keyboard bernama Grammarly. Pengembang Grammarly kini menghadirkan aplikasi ini untuk platform Android, setelah sebelumnya hanya tersedia di iOS. Grammarly bisa diunduh di Play Store melalui tautan berikut ini.

Grammarly sejatinya merupakan sebuah website yang melayani penggunanya melakukan pengecekan tata bahasa (grammar) terhadap tulisan berbahasa Inggris secara online.

Namun seiring dengan berkembangnya perilaku masyarakat dalam menggunakan internet, Grammarly mengadopsinya dalam fitur aplikasi keyboard.

Grammarly bekerja menggunakan sistem berbasis komputasi awan (cloud). Itulah yang membuat Grammarly dapat menerjemahkan dan memperbaiki tata bahasa lebih tepat dibandingkan fitur auto correct bawaan smartphone.

Kumpulan pesan Typo tidak akan terjadi lagiRizky C.Septania Kumpulan pesan Typo tidak akan terjadi lagi


Meski begitu, Grammarly tetap bisa digunakan ketika sambungan internet terputus (offline). Alasannya, Grammarly bisa melakukan sinkronisasi otomatis terhadap perangkat meski hanya sebatas kosa kata.  

Namun tetap saja, jika ingin menggunakan aplikasi ini secara optimal, pengguna harus tersambung dengan koneksi internet (online). Sebab, jika tersambung internet, mode koreksi advance bisa diaktifkan, yang bisa melakukan koreksi berdasarkan konteks kalimat.

Sebagai aplikasi yang dikembangkan pihak ketiga, masalah keamanan biasanya muncul sebagai isu. Tapi rasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan Grammarly. Sebab aplikasi ini menyediakan sistem enkripsi, sehingga informasi sensitif seperti nomor kartu kredit tidak dapat diakses oleh siapa pun, kecuali pengirim dan penerima.

Berdasarkan informasi yang dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Jumat (15/12/2017), Grammarly tersedia dalam bahasa Inggris 'British' dan 'American'. Belum diketahui kapan Grammarly akan melengkapi fiturnya dalam versi bahasa lain seperti bahasa Indonesia. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.