Kompas.com - 16/12/2017, 10:27 WIB
iPad, iPad mini, dan iPhone. iPad, iPad mini, dan iPhone.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com- Apple memperkenalkan fitur pre-order untuk memesan aplikasi dan game terbaru melalui App Store.

Fitur ini memungkinkan pengguna iPhone dan iPad memesan aplikasi iOS dalam kurun waktu 90 hari sebelum aplikasi itu dirilis. Dalam rentang waktu tersebut, pengguna masih bisa membatalkan pemesanan tanpa dipungut biaya.

Sebagai tambahan, Apple juga akan memunculkan pemberitahuan jika aplikasi yang telah dipesan sudah dapat diunduh. Jika tidak ada respon, sistem akan mengunduh aplikasi itu secara otomatis.

Apple tidak mengenakan biaya sama sekali selama masa pre-order tengah berlangsung. Pengguna hanya akan dimintai biaya setelah aplikasi tersebut diinstal dalam perangkat.

Masih seputar biaya, Apple bahkan memberikan harga termurah jika suatu saat developer menaikkan harga setelah aplikasi yang dipesan tersedia di App Store.

Sebagai contoh, jika pengguna memesan aplikasi game seharga Rp 50.000 dan pada saat rilis harganya naik menjadi Rp 98.000, maka pengguna hanya perlu membayar dengan harga terendah yakni Rp 50.000.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal yang sama berlaku jika situasi berada dalam keadaan sebaliknya. Jika pengguna memesan aplikasi seharga Rp 50.000 dan developer menurunkan harga menjadi Rp 12.000,maka pengguna hanya perlu membayar Rp 12.000.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas Tekno dari Cnet, Sabtu (16/12/2017), fitur ini berlaku untuk aplikasi yang belum pernah dipublikasikan di Apple Store sebelumnya.

Apple menambahkan bahwa fitur pre-order di Apps Store ini bisa bekerja pada perangkat yang menjalankan iOS 11.2, tvOS 11.2 dan MacOS 10.13.2. Artinya, jika pengguna menggunakan perangkat dengan iOS versi lama, fitur ini tidak akan berfungsi.

Sebelumnya Apple telah menerapkan konsep sama pada layanan iTunes untuk konten musik atau film.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNET

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.