BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Huawei

Begini Awal Mula Potret Pakai Ponsel sampai Muncul 4 Kamera Sekaligus

Kompas.com - 19/12/2017, 10:01 WIB
Auzi Amazia Domasti

Penulis

 
KOMPAS.com - Siapa sangka sebuah ide bisa berujung pada inovasi besar-besaran. Lebih dari dua puluh tahun lalu, seorang penemu konsep kamera ponsel pertama bernama Philippe Kahn mengawali tren photo-sharing dengan kamera ponsel buatannya.
 
Semuanya bermula dari keinginan Khan yang tak hanya ingin memotret anaknya yang baru lahir, tetapi juga membagikan foto tersebut ke orang-orang terdekatnya.
 
Pada 11 Juni 1997, Khan akhirnya berhasil “membuat” kamera ponsel dengan menyatukan ponselnya, kamera digital, dan laptop untuk mengambil dan menyebarkan gambar.
 
Melansir dari techspot.com, Selasa (13/6/2017), setelah memotret, Khan membagikan foto anaknya melalui internet kepada keluarga, teman, dan rekan kerjanya yang mencapai 2.000 orang. Kala itu, ia pun menyebutnya sebagai ‘Instant-Picture-Mail’.
 
Foto dari kamera ponsel pertama di dunia buatan Philippe Khan.Auzi Amazia Domasti/KOMPAS.com Foto dari kamera ponsel pertama di dunia buatan Philippe Khan.
Nah, inilah awal mula hadirnya kamera ponsel. Namun, secara komersial, kamera ponsel pertama di dunia baru diluncurkan pada tahun 2000.
 
Seiring berjalannya waktu, kehadiran kamera ponsel semakin beragam dan canggih. 
 
Pertimbangan seseorang membeli ponsel pintar saat ini bukan lagi hanya sebagai alat komunikasi, melainkan juga berdasarkan kemampuan dan kualitas kameranya. 
 
Kamera ponsel memang menjadi fitur yang praktis dan bisa diandalkan dalam mengabadikan momen sehari-hari. Bahkan, jurnalisme warga (citizen journalism) bisa hadir karena kemudahan merekam gambar dengan kamera ponsel.
 
Karena itu, produsen smartphone pun berlomba-lomba menciptakan kamera ponsel yang menghasilkan gambar dengan resolusi yang bagus dan jernih, tak kalah dengan kualitas kamera pada umumnya.
 
Era kamera ganda
 
Kini pun hadir teknologi kamera ganda (dual lens camera) pada beberapa smartphone. Bagaimana inovasi ini bisa muncul?
 
Pada dasarnya, fitur tersebut hadir agar memenuhi kebutuhan akan hasil foto dengan kualitas yang lebih baik.
 
Sekarang, supaya menghasilkan gambar digital yang semakin bagus, kamera ponsel tidak bisa hanya mengandalkan daya komputasi lokal (image computing) yang lebih tinggi, tetapi juga harus didukung kualitas kamera yang baik.
 
Karenanya, konsep kamera ganda bisa menghasilkan prinsip yang sama seperti mata manusia terhadap jarak agar kamera ponsel dapat menangkap gambar lebih dalam (depth of perception). 
 
Ilustrasi foto dengan efek blur.Auzi Amazia Domasti Ilustrasi foto dengan efek blur.
Misalnya, mana yang menjadi subyek utama dan mana yang menjadi latar belakang atau menjadi bagian yang blur.
 
Untuk itu, kehadiran kamera ganda di bagian belakang ponsel ternyata bisa meningkatkan kualitas foto sampai 50 persen. 
 
Jadi, akhirnya teknologi kamera ganda tersebut berfungsi agar bisa menghasilkan gambar berlatar belakang mengabur yang lebih mulus, atau efek bokeh. Salah satu kamera ponsel yang menghadirkan kamera ganda, misalnya, produksi Huawei.
 
Umumnya, kamera ganda hanya diletakkan pada kamera belakang ponsel. Namun, Huawei Nova 2i memiliki quad camera, alias ada kamera ganda pada bagian belakang dan juga pada bagian depan.
 
Teknologi kamera depan ponsel tersebut berukuran 13MP dan 2 MP sehingga ketika Anda memakai kamera depan atau ber-selfie, kualitasnya bisa lebih maksimal dengan latar belakang yang juga dapat menghasilkan efek bokeh.
 
Ilustrasi berselfie dengan kamera gandaAuzi Amazia Domasti Ilustrasi berselfie dengan kamera ganda
Lalu, ada juga fitur soft toning flash yang membantu menghasilkan foto selfie alami sekalipun dalam kondisi cahaya minim. Setelah berfoto dengan kamera depan, pengguna juga masih bisa mengedit kembali titik fokus subyek foto dan bagian yang ingin di-blur.
 
Sementara itu, kamera belakang utamanya berukuran 16 MP dengan kamera pendukung berukuran sama seperti kamera depan, yakni 2 MP. 
 
Melalui kehadiran kamera ganda ini, kualitas gambar kamera ponsel pun bisa semakin meningkat, tak kalah bagus dari kamera biasa.
 
Nah, kalau Anda ingin mempunyai ponsel baru, sudah pertimbangkan fitur kamera ganda dalam smartphone Anda selanjutnya?

 


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com