Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 "Smartphone" yang Paling Banyak Dicari Netizen Indonesia Sepanjang 2017

Kompas.com - 19/12/2017, 12:43 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Menjelang akhir tahun, Google merilis daftar pencarian terpopuler di Indonesia bertajuk "Year in Search 2017".

Ada beragam kategori penelusuran, mulai dari tokoh yang paling banyak dicari, peristiwa nasional, selebriti, lagu, hingga resep makanan.

Selain itu, ada juga kategori lain berupa 10 smartphone terpopuler yang paling banyak menimbulkan rasa penasaran para netizen Tanah Air.

Perangkat-perangkat tersebut berasal dari berbagai merek dan kelas. Tak hanya ponsel high-end yang mentereng dan berbanderol selangit, ada juga sejumlah model kelas menengah yang banyak dicari informasinya.

Apa saja? Simak daftar yang dirangkum KompasTekno dari keterangan Google berikut ini.

1. iPhone X

Tampilan layar ini muncul saat pengguna pertama kali menyalakan iPhone XYoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Tampilan layar ini muncul saat pengguna pertama kali menyalakan iPhone X

Kemunculan iPhone X banyak dinanti lantaran mengusung desain yang benar-benar berbeda dari iPhone terdahulu, termasuk layar bezel-less dan teknologi pemindai wajah Face ID. Perangkat yang menandai 10 tahun kiprah iPhone di pasaran ini diperkenalkan pada September, tapi baru mulai dijual pada 3 November 2017.

Baca juga: iPhone X dan iPhone 8 Dijual Resmi di Indonesia 22 Desember

Di Indonesia, iPhone X akan dipasarkan pada 22 Desember mendatang, bersama dengan duo iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Harganya belum diungkap. Sebagai pembanding, di pasaran internasional, iPhone X dibanderol mulai 999 dollar AS atau lebih dari Rp 13 juta.


2. Oppo A37

Oppo A37GSMArena Oppo A37

Di urutan kedua ada A37 dari Oppo. Ponsel pintar kelas menengah yang dibanderol dengan harga bersahabat ini sebenarnya sudah hadir di Indonesia sejak pertengahan tahun lalu.

Baca juga: Oppo A37 Dijual Rp 2,7 Juta di Indonesia

Bersama dengan saudaranya, F3, Oppo A37 sukses mengantarkan Oppo meraih predikat pabrikan smartphone terbesar kedua di Indonesia pada kuartal III-2017.

3. Nokia 6

Nokia 6 varian warna silver dalam acara peluncuran di Jakarta, kamis (14/9/2017).Oik Yusuf/ KOMPAS.com Nokia 6 varian warna silver dalam acara peluncuran di Jakarta, kamis (14/9/2017).

Pasaran smartphone 2017 diramaikan Nokia yang melakukan comeback di awal tahun dengan meluncurkan tiga ponsel pintar sekaligus, yakni Nokia 3, 5, dan 6. Ketiganya kini telah resmi hadir di pasaran Indonesia.

Nokai 6 merupakan model teratas di antara ketiga smartphone perdana Nokia. Harganya pun paling tinggi, yakni di kisaran Rp 3 juta. Baca juga: Nokia 6 Dijual Rp 3,3 Juta di Indonesia

4.  Vivo V5

Tampilan depan Vivo V5 Plus                               KOMPAS.com/Deliusno Tampilan depan Vivo V5 Plus

Selain Oppo, pabrikan asal China lainnya, Vivo, juga masuk dalam daftar pencarian smartphone terpopuler di Indonesia. Duduk di urutan keempat, Vivo V5 hadir di Indonesia pada November 2016.

Smartphone yang dibanderol di kisaran Rp 3 juta pada saat peluncurannya ini memiliki fitur andalan berupa kamera selfie 20 megapiksel.

5. Samsung Galaxy S8

Galaxy S8 dalam genggaman.Oik Yusuf/KOMPAS.com Galaxy S8 dalam genggaman.

Sedikit berbeda dengan para pendahulunya yang biasa nongol di ajang MWC pada Februari setiap tahun, Samsung Galaxy S8 diluncurkan pada Maret di New York, Amerika Serikat, dan masuk Indonesia pada Mei 2017.

Baca juga: Apa Kata Dian Sastro tentang Samsung Galaxy S8?

Galaxy S8 menandai kiprah perdana layar bezel-less “infinity display” besutan Samsung yang juga digunakan di kembarannya, Galaxy S8 Plus, dan Galaxy Note 8 yang meluncur belakangan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com