Begini Cara Xiaomi agar Bisa Jualan Smartphone di Kandang iPhone

Kompas.com - 19/12/2017, 14:02 WIB
Xiaomi Mi Note 3 DxOMarkXiaomi Mi Note 3
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Setelah merambah pasar Eropa, smartphone buatan Xiaomi bakal masuk ke pasar Amerika Serikat. Xiaomi dikabarkan tengah bernegosiasi dengan sejumlah perusahaan operator serta penyedia layanan jaringan nirkabel.

Dua operator terbesar, yaitu AT&T dan Verizon Communication tengah didekati agar mau menjual smartphone Xiaomi di pasar Amerika Serikat.

Sangat penting bagi Xiaomi untuk mendekati operator seluler setempat untuk memuluskan jalan masuk ke AS. Alasannya, konsumen di AS lebih banyak membeli smartphone bersama paket bundling yang ditawarkan operator atau sistem kontrak.

Informasi ini dibocorkan sumber yang dekat dengan industri smartphone di AS. Sumber ini mengatakan, proses negosiasi masih berlangsung dan kesepakatan masih bisa saja batal, seperti dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Selasa (19/12/2017).

Meski demikian, Xiaomi menargetkan dapat bersaing di pasar ponsel Amerika Serikat mulai tahun depan. Namun mengingat operator setempat yang memberikan syarat yang cukup berat dan lisensi yang sulit didapat, tampaknya Xiaomi akan membutukan waktu lebih lama.

Menurut Direktur Produk Smartphone Xiaomi, Wang Xiang, smartphone Xiaomi bisa saja baru beredar di AS dua tahun lagi.

Langkah Xiaomi memperluas pasar smartphone ke negeri Paman Sam mungkin bakal sangat berat. Pasalnya, Xiaomi harus bersaing ketat dengan iPhone di kandang sendiri. Belum lagi vendor smartphone lain, seperti Samsung, Huawei, dan LG.
 
Tahun ini, Apple tercatat sebagai vendor ponsel yang mendominasi pasar ponsel pintar di AS. Disusul oleh Samsung dan LG yang menempati posisi kedua dan ketiga.
 
Namun, kesempatan Xiaomi untuk bersaing di pasar ponsel Amerika Serikat belum tertutup. Sebab vendor China lebih sering menawarkan harga produk yang lebih rendah. Contohnya, iPhone dibanderol dengan harga kisaran 800-999 dollar AS (sekitar Rp 10 juta - Rp 13,5 juta). Sedangkan rata-rata ponsel China dihargai sekitar 400 dollar AS (Rp 5,4 juta). 

Sebelum masuk ke pasar smartphone, Xiaomi telah melakukan pengenalan merek Xiaomi ke AS dengan memperkenalkan produk di luar smartphone. Beberapa produk seperti alat pendeteksi kesehatan, penyedot debu, pengatur suhu mesin (thermostat) telah dijual Xiaomi di pasar AS melalui toko retail dan toko online.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.