Ponsel Nokia dengan Keyboard Fisik QWERTY Lahir Kembali?

Kompas.com - 20/12/2017, 09:27 WIB
Bocoran Nokia QWERTY. NokiaPowerUserBocoran Nokia QWERTY.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Nokia sempat merilis ponsel candybar dengan keyboard fisik QWERTY, seperti Nokia Asha 210 untuk kelas low-end, dan Nokia E6 untuk kelas atas. Ponsel jenis ini dahulu sangat populer seiring dengan diminatinya perangkat BlackBerry pada medio 2007-2008.

Kini, setelah lisensi Nokia dipegang oleh HMD Global, ponsel dengan keyboard fisik QWERTY nampaknya bakal diproduksi kembali Nokia bakal kembali.

Smartphone Nokia dengan kode “TA-1074” muncul di situs lembaga sertifikasi FCC beberapa waktu lalu. Spesifikasi yang diunggah di situs itu menyebut TA-1074 memiliki layar yang lebih kecil ketimbang seri-seri Android Nokia lainnya, yakni hanya 3,3 inci.

Menurut informasi dari sumber dalam, smartphone tersebut bakal dilengkapi keyboard tombol fisik QWERTY, bukan keyboard layar sentuh. Layarnya sendiri digadang-gadang bakal mengusung desain berbingkai tipis, alias bezel-less.

Baca juga: Nokia 6 Dijual Rp 3,3 Juta di Indonesia

Soal hardware, Nokia TA-1074 dikatakan mengandalkan chipset Qualcomm 205 buatan Snapdragon, yang dipadankan dengan sistem operasi Kai. Jika benar, artinya Nokia TA-1074 bukanlah smartphone Android.

Sistem operasi Kai dikenal memiliki tenaga smartphone dengan keterjangkauan feature phone. Kai mendukung jaringan 4G dan memiliki app store sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak banyak bocoran spesifikasi yang bisa dihimpun dari dokumen sertifikasi Nokia TA-1074 di situs FCC. Selain ukuran, prosesor, dan sistem operasi, smartphone tersebut dikatakan mendukung dual-SIM, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (20/12/2017), dari NokiaPowerUser.

Nokia TA-1074 agaknya dirancang bagi kelas low-end di negara-negara berkembang. Tombol QWERTY-nya menjawab kerinduan masyarat modern akan era kejayaan feature phone.

Kendati demikian, berbagai bocoran dan asumsi yang beredar belum dikonfirmasi pihak Nokia maupun HMD Global sebagai pemegang lisensi resmi. Kehadiran Nokia TA-1074 pun tak diketahui kapan. Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.