Xiaomi Klaim Redmi 5A Ungguli Galaxy J2 Prime dan Oppo A37

Kompas.com - 20/12/2017, 13:33 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Xiaomi membuat kejutan dengan mengumumkan harga ponsel entry level terbarunya, Redmi 5A, Rp 999.000 di acara peluncuran di Jakarta, Rabu (20/12/2017). Harga tersebut lebih rendah dibandingkan harga Redmi 5A di China, yang kisaran Rp 1,3 juta.

Meski harganya lebih rendah dibandingkan kompetitor yang sekelas, Redmi 5A diklaim justru memiliki spesifikasi hardware yang lebih mumpuni.

Director Product Management and Marketing Xiaomi Global, Donovan Sung membandingan Redmi 5A dengan dua ponsel entry level lain yang disebutnya memiliki angka penjualan paling tinggi di Indonesia, yakni Samsung Galaxy J2 Prime dan Oppo A37.

"Xiaomi Redmi 5A mengalahkan mereka dari semua aspek, baik prosesor, baterai, kamera, maupun sistem operasi," ucap Sung sesumbar, seraya menampilkan tabel berisi perbandingan spesifikasi ketiga ponsel di atas panggung.

Baca juga: Xiaomi Redmi 5A Resmi di Indonesia, Harga di Bawah Rp 1 Juta

Sung mengatakan, Galaxy J2 Prime saat ini dibanderol Rp 1,7 juta, sementara Oppo A37 dijual Rp 2 juta. Meski harganya lebih mahal, keduanya disebut Sung memiliki spesifikasi yang lebih rendah dari Redmi 5A.

Sung antara lain menyoroti aspek prosesor, kapasitas baterai, dan sistem operasi dari dua rival Redmi 5A itu. “Galaxy J2 Prime menggunakan prosesor MediaTek, Oppo A37 memakai Snapdragon 410. Kapasitas baterai dan resolusi kamera mereka juga lebih kecil,” imbuh Sung,

Redmi 5A yang diklaim Xiaomi sebagai “smartphone entry level terbaik” diketahui memiliki layar 5 inci HD, prosesor Snapdragon 425, RAM 2 GB, media penyimpanan 16 GB dengan dukungan micro SD, kapasitas baterai 3.000 mAh, dual SIM card, OS Android 7.1.2 Nougat, serta kamera depan 5 megapiksel dan belakang 13 megapiksel.

Di level harga Rp 1 juta, Sung mengklaim Redmi 5A tak tertandingi di kelasnya. “Ponsel-ponsel lain di kisaran harga itu rata-rata spesifikasi hardware-nya tertinggal satu atau dua generasi (dibanding Redmi 5A),” kata Sung.

Xiaomi rencananya akan mulai memasarkan Redmi 5A pada 27 Desember mendatang melalui mitra e-commerce Lazada, dan secara secara offline di gerai Mi Store dan partner operator Indosat Ooredoo. Perangkat ini tersedia dalam warna gold, rose gold, dan dark grey.

Di pasaran Indonesia, Xiaomi sendiri tahun ini berhasil masuk ke jajaran 5 pabrikan smartphone terbesar di Tanah Air, menurut data firma riset IDC per kuartal III-2017. Dua urutan teratas masih dikuasai Samsung dan Oppo sejak setahun lalu.

Baca juga: Xiaomi Targetkan Masuk 3 Besar Produsen Smartphone di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.