Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Harga Xiaomi Redmi 5A di Bawah Rp 1 Juta di Indonesia?

Kompas.com - 20/12/2017, 18:17 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Smartphone andalan baru Xiaomi di kelas entry-level, Redmi 5A, dibanderol Rp 999.000 di Indonesia. Harga tersebut lebih murah dibandingkan harga Redmi 5A di China yang dipatok di kisaran Rp 1,3 juta.

Xiaomi pun mengklaim tak ada ponsel lain di pasar Tanah Air yang sanggup menyamai spesifikasi Redmi 5A dengan harga tersebut. Tapi kenapa pula banderol Redmi 5A bisa demikian bersaing?

“Ini karena model bisnis yang dimiliki Xiaomi. Kami berusaha menekan biaya sehingga bisa menjual produk dengan harga modal,” ujar CEO Xiaomi, Lei Jun dalam sesi wawancara usai acara peluncuran Redmi 5A di Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Senada dengan Jun, Director Product Management and Marketing Xiaomi Global, Donovan Sung, mengatakan pihaknya berupaya memangkas ongkos pemasaran sebanyak mungkin. Dengan begitu, alih-alih terbuang untuk marketing, biayanya bisa dipotong atau dialihkan untuk pengembangan produk.

Baca juga: Xiaomi: Menghamburkan Uang untuk Iklan Bukan Gaya Kami

“Brand lain berlomba-lomba menggaet spokesperson terkenal. Tapi kami tidak begitu. Kami banyak bergantung pada pemasaran online. Dengan demikian, kami bisa menawarkan produk dengan setengah harga pasar,” kata Donovan.

Xiaomi Redmi 5A dengan tanda tangan CEO Lei Jun.Oik Yusuf/KOMPAS.com Xiaomi Redmi 5A dengan tanda tangan CEO Lei Jun.
Dia juga menambahkan bahwa harga rendah Redmi 5A bisa tercapai berkat dukungan para partner pemasaran Xiaomi untuk smartphone tersebut, yakni Qualcomm selaku mitra teknologi; Lazada selaku mitra online; Indosat Ooredoo selaku mitra operator, dan Erajaya selaku mitra offline.

Redmi 5A sendiri dibekali dengan layar 5 inci (HD), chip Snapdragon 425, RAM 2 GB, media internal 16 GB dengan opsi ekspansi slot micro SD, baterai 3.000 mAh, dukungan dual SIM, serta kamera 13 megapiksel dan 5 megapiksel.

Bermodal spesifikasi tersebut dan harga bersaing, Donovan optimis Redmi 5A bakal menjadi “raja ponsel entry-level” di Indonesia.

“Tak ada bandingannya di pasar. Saya telah coba membandingkan, memang tak ada lawan,” tandasnya.

Baca juga: Xiaomi Bagi-bagi Redmi 5A ke Mi Fans Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com