Mulai Februari 2018, Browsing Pakai Chrome Lebih Nyaman - Kompas.com

Mulai Februari 2018, Browsing Pakai Chrome Lebih Nyaman

Kompas.com - 21/12/2017, 19:28 WIB
IlustrasiGeekInsider.com Ilustrasi

KOMPAS.com - Jika Anda merasa terganggu dengan banyaknya iklan di situs internet saat browsing, maka Anda tidak sendiri. Kabar baiknya, Google bakal memblokir iklan-iklan mengganggu dalam browser Chrome di versi desktop maupun mobile.

Mulai 15 Februari 2018, Chrome akan membasmi iklan-iklan yang masuk dalam kategori mengganggu. Iklan yang masuk dalam kategori mengganggu seperti iklan yang memutar video dan suara secara otomatis, iklan yang memenuhi layar dan tak kunjung hilang, serta iklan mobile animasi dan flash.

Google Chrome memberikan tenggat waktu selama 30 hari bagi para pemililk situs dan pengiklan sebelum diblokir oleh Chrome.

Jika situs diblokir, pemilik situs atau pengiklan bisa meminta Google untuk meninjau ulang, apakah iklan yang mengganggu sudah dibenahi atau belum, seperti dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Kamis (21/12/2017).

Baca juga: Pemblokir Iklan di Chrome Beda dari Lainnya

Tidak semua iklan akan dihapus Chrome. Hanya iklan-iklan yang dianggap mengganggu kenyamanan pengunjung situs sesuai dengan standar yang dibuat Koalisi untuk Iklan yang lebih baik (Coalition for Better Ads).

Koalisi ini beranggotakan kelompok pengiklan digital dunia, dan biro iklan interaktif (Interactive Advertising Bereau). Mereka memiliki visi untuk menjembatani kepentingan penerbit iklan, pemilik situs, dan kenyamanan peselancar internet yang tidak ingin terganggu dengan banyaknya iklan.

Langkah ini diambil sebagai jalan tengah, mengingat banyak pengguna browser yang memasang fitur pemblokir iklan buatan pihak ketiga. Add-on Ad Blocker itu dipandang tidak sehat bagi keberlangsungan internet terbuka, karena membasmi semua jenis iklan yang muncul.


EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X