BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Huawei

Apa yang Harus Diperhatikan untuk Bikin Foto Keren dengan Ponsel?

Kompas.com - 22/12/2017, 09:40 WIB
|
EditorDimas Wahyu

KOMPAS.com - Saat mulai menyukai fotografi, biasanya seseorang akan senang bereksperimen menciptakan berbagai foto. Tak ketinggalan, akun Instagram pun bisa menjadi ajang pamer hasil foto. 

Namun, membuat foto bagus tak bisa sembarangan. Jangan sampai Anda asal memotret dan kebanyakan mengunggah foto tak berkualitas di media sosial.

Supaya hasil foto keren dan bervariasi, ketika memotret, ada bagusnya melatih kemampuan fotografi dan berkreasi dengan berbagai efek.

Pertama, misalnya mengutak-atik mode fokus atau menghadirkan efek depth of field (DoF). Melansir dari Kompas.com, Senin (2/1/2017), efek DoF berarti hanya subyek utama foto yang terlihat fokus dan jernih, sementara latar belakang atau bagian selain subyek terlihat buram (blur).

Hasil foto seperti ini bisanya didapat dari pemakaian kamera digital bersensor besar semacam DSLR, tetapi beberapa kamera ponsel smartphone terkini juga mampu menghasilkan efek serupa dengan kualitas yang tak kalah bagus dari kamera digital.

Ketika memotret dengan smartphone, akan semakin bagus lagi jika smartphone memiliki kamera ganda. Sebab, kamera ganda yang bekerja bersamaan saat memotret bisa membuat efek buram atau bokeh terlihat alami dan meningkatkan kualitas foto hingga 50 persen. 

Memotret dengan kamera ganda smartphone Huawei Nova 2i bisa menghasilkan efek buram atau blur yang lebih alami.Auzi Amazia Domasti Memotret dengan kamera ganda smartphone Huawei Nova 2i bisa menghasilkan efek buram atau blur yang lebih alami.
Salah satu smartphone yang memiliki kamera ganda di bagian depan dan belakang adalah Huawei Nova 2i.

Selain kamera ganda, di ponsel tersebut juga terdapat fitur Pro-Photo yang membuat penggunanya bisa mengutak-atik shutter speed dan mengatur senstivitas cahaya pada kamera (ISO).

Untuk itu, bagi orang yang mulai suka memotret atau fotografi, tetapi tidak memiliki kamera profesional, kamera ponsel seperti ini terbilang praktis.

Efek foto keren lainnya yang bisa Anda coba yaitu light painting. Pada malam hari atau suasana gelap, Anda bisa memotret cahaya sesuai bentuk yang Anda inginkan, tergantung gerakan dan pengarahan cahaya tersebut. 

Misalnya, Anda bisa berkreasi membuat bentuk lucu atau tulisan bercahaya dari efek light painting ini.

Perhatikan faktor lain

Kemudian, foto bagus biasanya tak hanya terlihat menarik, tetapi juga menonjolkan makna atau cerita dari subyek foto. Maka dari itu, selain berkreasi dengan berbagai efek saat memotret, ada juga beberapa hal lain yang perlu diperhatikan.

Salah satunya, Anda perlu fokus dengan sedikit subyek foto atau satu subyek saja supaya “pesan” atau makna dari foto tersampaikan.

Memotret suasana senja menggunakan smartphone yang memiliki kamera ganda.Auzi Amazia Domasti Memotret suasana senja menggunakan smartphone yang memiliki kamera ganda.
Lalu, perhatikan waktu atau timing saat memotret. Fotografer Arbain Rambey mengatakan, ada waktu-waktu tertentu yang membuat kondisi pencahayaan lebih baik untuk pemotretan.

[Baca juga: Begini Awal Mula Potret Pakai Ponsel sampai Muncul 4 Kamera Sekaligus]

Timing yang pas biasanya ada saat pagi hari atau sore hari, sementara memotret pada siang hari cenderung dihindari karena di Indonesia, matahari cenderung tegak lurus dan membuat bayangan menutupi wajah obyek pemotretan,” kata Arbain dikutip Kompas.com, Minggu (15/3/2015).

Selain itu, gunakan pula garis tiga yang ada di kamera (grid). Sebab, pertemuan titik-titik pada garis tiga itu merupakan penentu titik fokus subyek foto.

Ketika memotret, pertimbangkan juga angle dan posisi subyek dalam gambar. 

Potretlah beberapa kali dari beberapa angle sehingga Anda bisa menentukan angle mana yang paling bagus. Lalu, perhatikan juga apakah gambar subyek lebih bagus diambil secara close up atau medium close up.

Jadi, dengan memperhatikan tips-tips tersebut, foto Anda bisa tetap keren walau memakai kamera ponsel. Selamat memotret, ya!


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.