5 Cara Praktis untuk Membersihkan Kotak Masuk Gmail

Kompas.com - 23/12/2017, 11:23 WIB
Pengguna Gmail kini bisa memblokir alamat email yang dianggap sebagai pengganggu GooglePengguna Gmail kini bisa memblokir alamat email yang dianggap sebagai pengganggu
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com- Kotak masuk pada e-mail kadang jadi fitur yang kurang diperhatikan oleh penggunanya. Meski e-mail menjadi elemen penting bagi gaya hidup yang serba online, tak jarang sejumlah pengguna mengabaikan keberadaannya.

Alhasil yang sering terjadi, kotak masuk akan dipenuhi oleh pesan yang sering tidak dihiraukan. Padahal, membersihkan pesan dalam kotak masuk e-mail kadang butuh waktu lama sehingga pengguna lebih memilih untuk menunda.

Celakanya, hal itu kemudian akan menimbulkan masalah ketika kotak masuk dalam keadaan penuh. Terlebih jika pengguna memiliki sejumlah pesan penting yang tidak bisa dihapus begitu saja.

Akibatnya, pengguna harus menyortir pesan tersebut satu persatu. Waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan kotak masuk pun otomatis akan semakin bertambah.  

Sebetulnya, ada cara mudah bagi pengguna e-mail, khususnya layanan Gmail dari Google, untuk memilah pesan penting. Untuk itu, kali ini KompasTekno berbagi tips dan trik mengelola kotak masuk e-mail dengan cepat dan tepat berdasarkan informasi yang didapat dari laman TheNextWeb hari Sabtu (23/12/2017). Berikut ulasannya:

1. Cara Menemukan Pesan Penting

Hal terpenting saat beres-beres e-mail adalah memilah antara pesan penting dan tidak penting dalam gunungan pesan masuk. Untuk dapat menemukan pesan penting yang sudah ditandai sebelumnya, Anda dapat mengetik kata "is:important" (tanpa tanda kutip) pada kolom pencarian.

Setelah menekan "enter", Gmail akan menampilkan deretan e-mail penting yang sudah ditandai sebagai penting alias important. Dengan begitu, pengguna dapat menghapus email lain dengan lebih mudah.

2. Menghapus Pesan Lama

Sejumlah pesan lama yang tidak lagi dibutuhkan harus segera dihapus. Sayangnya untuk menghapus pesan tersebut, pengguna harus menelusuri kotak masuk satu persatu. Ini tentu saja membutuhkan waktu yang sangat lama sehingga memungkinkan timbulnya rasa bosan dan jenuh.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X