Instagram Resmikan Pemilih Postingan Populer Temannya Teman Anda

Kompas.com - 28/12/2017, 11:22 WIB
Ilustrasi Instagram IstIlustrasi Instagram
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Fitur “Recommendation Post” pada Instagram telah diuji coba sejak awal Desember 2017. Kini, fitur tersebut sudah diresmikan dan mulai dibagi ke seluruh pengguna secara bertahap.

Sesuai namanya, Recommendation Post bakal memilihkan dan merekomendasikan postingan-postingan populer dengan memunculkannya di linimasa Anda.

Postingan-postingan populer itu bukan dari orang-orang yang Anda ikuti, melainkan dari orang-orang yang diikuti teman Anda dan disukainya. Instagram merekomendasikannya sesuai dengan apa yang Anda sukai.

Sebelumnya, sistem rekomendasi semacam ini dimunculkan lewat fitur “Explore”. Semua postingan yang muncul di Explore berasal dari orang-orang yang diikuti teman Anda dan dianggap populer.

Nah, Recommendation Post merupakan perpanjangan tangan dari Explore. Anda tak perlu terus-menerus menengok tab Explore, sebab beberapa postingan populer dari temannya teman Anda akan muncul langsung di linimasa.

Untuk membedakan postingan dari teman-teman yang Anda ikuti, Instagram memberikan section khusus untuk Recommendation Post. Setelah menggulir linimasa beberapa saat, section itu akan muncul dengan tulisan “Recommended for You”.

Fitur baru Instagram menampilkan postingan populer di Recommended for You langsung di linimasa pengguna.Engadget Fitur baru Instagram menampilkan postingan populer di Recommended for You langsung di linimasa pengguna.

Isinya tiga hingga lima postingan yang menurut Instagram bakal menarik bagi Anda, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (28/12/2017), dari AndroidAuthority.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika terganggu dengan Recommendation Post, Anda bisa menyembunyikannya. Caranya dengan menekan menu burger pada section Recommended for You, lantas tekan “Hide”.

Baca juga : Instagram #2017BestNine Sudah Bisa Dibuat, Begini Caranya

Recommendation Post adalah inisiasi teranyar Instagram untuk mengevolusi tampilan linimasa pengguna. Sudah ada beberapa upaya yang dilakukan, misalnya memunculkan postingan berdasarkan algoritma kesukaan pengguna, bukan berdasarkan waktu.

Selain itu, Instagram juga baru-baru ini memungkinkan pengguna mengikuti hashtag sesuai hobi dan ketertarikan. Misalnya saja untuk melihat konten-konten pada #food, #travelideas, #design, #nature, dan sebagainya.  (Baca juga : ?Hashtag? Pilihan Pengguna Sudah Bisa Masuk Linimasa Instagram)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.