4 Sumber Pendapatan YouTuber Selain dari AdSense

Kompas.com - 28/12/2017, 19:28 WIB
YouTube Indonesia memberikan Gold Button kepada 6 YouTuber yang meraih satu juta subscriber. Fatimah Kartini Bohang/Kompas.comYouTube Indonesia memberikan Gold Button kepada 6 YouTuber yang meraih satu juta subscriber.

KOMPAS.com - Bermodalkan kamera dan kemampuan berbicara, para YouTuber (sebutan kreator konten di YouTube) mampu menghasilkan uang miliaran melalui trafik video yang diputar.

Di balik itu semua, kemudian muncul pertanyaan. Dari mana YouTuber bisa menghasilkan uang dalam jumlah yang bisa dibilang fantastis? AdSense atau iklan yang tayang sebelum video diputar mungkin yang pertama melintas di benak Anda. Namun adakah sumber pendapatan lainnya?

YouTube memang memberikan bayaran pada pembuat konten kisaran 1 sampai 5 dollar AS (Rp 13.500 - Rp 67.500) setiap video ditonton 1.000 kali.  Kreator konten dulunya juga menikmati 70 persen dari revenue iklan. Namun kini YouTube juga mengambil bagian 50 persen dari total revenue iklan yang tayang di video.

Dikutip KompasTekno dari BBC, Kamis (28/12/2017), travel vlogger asal Amerika Serikat yang tinggal di London, Evan Edinger menghitung, kreator konten akan mendapatkan sekitar 1.000 hingga 5.000 dollar AS (Rp 13,5 juta - Rp 67,5 juta) setiap videonya ditonton satu juta kali. |

Baca: YouTuber Protes Pendapatan Menurun

Namun selain dari AdSense atau iklan video, dari mana lagi sumber pendapatan YouTuber? Evan pun menjelaskan bahwa YouTuber dapat menghasilkan uang melalui cara lain di luar AdSense.

Patreon

Patreon merupakan sebuah platform urun dana (crowdfunding) yang mempertemukan pencipta karya dan penggemar mereka. Patreon biasanya digunakan para seniman untuk menggalang dana demi menciptakan karya.

Sejumlah YouTuber memanfaatkan platform ini untuk menghasilkan uang sekaligus mendukung mereka tetap berkarya. Pengguna Patreon dapat mendonasikan uang sebesar 1 dolar AS (Rp 13.000) per video atau per langganan dalam kurun waktu 1 bulan.

Keistimewaan yang ditawarkan oleh para YouTuber melalui Patreon adalah konten eksklusif yang hanya dapat diakses oleh fans yang telah menyumbangkan dana untuk idola mereka. Itu sebabnya Patreon disebut sebagai penghasil uang tips oleh Evan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber BBC,YouTube
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X