Kompas.com - 29/12/2017, 14:28 WIB
Xiaomi Mi 6. Reska K. Nistanto/KOMPAS.comXiaomi Mi 6.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Salah satu prediksi tren smartphone tahun depan adalah fitur pemindai sidik jari alias fingerprint scanner yang terpatri di layar. Tiga vendor yang digadang-gadang bakal segera mengimplementasikannya adalah Vivo, Huawei, dan OnePlus.

Xiaomi agaknya enggan mengikuti tren ini. Pabrikan China itu dikabarkan lebih fokus mengembangkan fitur pengenal wajah tiga dimensi alias 3D facial recognition.

Menurut informasi dari sumber dalam, Xiaomi akan memperkenalkan 3D facial recognition perdana di flagship Mi 7. Kualitasnya disebut-sebut akan bersaing dengan Face ID yang dipasang Apple pada iPhone X.

Hal ini bisa terwujud berkat kerja sama Xiaomi, Qualcomm, Himax Technologies, dan Truly Opt-Electronics, dalam menggodok 3D Facial Recognition, dan memproduksinya secara massal. Hingga kini pihak-pihak tersebut belum mengonfirmasi isu yang beredar.

Baca: Seperti iPhone X, Ponsel Xiaomi dan Oppo Bakal Pakai Pengenal Wajah

Sama seperti fingerprint scanner, 3D Facial Recognition sejatinya berfungsi mengenal karakteristik biologis manusia untuk mengidentifikasi pemilik smartphone. Dengan begitu, ada jaminan rasa aman bagi pemilik smartphone.

Jika benar terpasang pada Mi 7, artinya tak lama lagi para MiFans bisa merasakan kehebatan 3D Facial Recognition. Pasalnya Mi 7 disinyalir meluncur pada kuartal pertama 2018.

Selain 3D Facial Recognition, ada beberapa spesifikasi Mi 7 yang sudah bocor di internet. Antara lain, perangkat high-end itu diisukan memiliki kamera ganda yang berbasis kecerdasan buatan (AI).

Prosesornya dipercayakan pada Snapdragon 845 buatan Qualcomm. Untuk pengisian daya pun sudah mendukung wireless charging, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (29/12/2017), dari Gizmochina.

Secara desain, Mi 7 kabarnya mengusung desain bezel-less dengan aspek rasio 18:9 untuk ukuran layar 5,65 inci (reguler) dan 6,01 inci (plus). Sejauh ini belum ada yang secara resmi membenarkan rumor yang berseliweran.

Baca juga : Xiaomi Mi 7 Dipastikan Pakai Snapdragon 845, Andalkan AI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.