Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Mi 7 Tak Ikuti Tren Sensor Fingerprint di Layar

Kompas.com - 29/12/2017, 14:28 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Salah satu prediksi tren smartphone tahun depan adalah fitur pemindai sidik jari alias fingerprint scanner yang terpatri di layar. Tiga vendor yang digadang-gadang bakal segera mengimplementasikannya adalah Vivo, Huawei, dan OnePlus.

Xiaomi agaknya enggan mengikuti tren ini. Pabrikan China itu dikabarkan lebih fokus mengembangkan fitur pengenal wajah tiga dimensi alias 3D facial recognition.

Menurut informasi dari sumber dalam, Xiaomi akan memperkenalkan 3D facial recognition perdana di flagship Mi 7. Kualitasnya disebut-sebut akan bersaing dengan Face ID yang dipasang Apple pada iPhone X.

Hal ini bisa terwujud berkat kerja sama Xiaomi, Qualcomm, Himax Technologies, dan Truly Opt-Electronics, dalam menggodok 3D Facial Recognition, dan memproduksinya secara massal. Hingga kini pihak-pihak tersebut belum mengonfirmasi isu yang beredar.

Baca: Seperti iPhone X, Ponsel Xiaomi dan Oppo Bakal Pakai Pengenal Wajah

Sama seperti fingerprint scanner, 3D Facial Recognition sejatinya berfungsi mengenal karakteristik biologis manusia untuk mengidentifikasi pemilik smartphone. Dengan begitu, ada jaminan rasa aman bagi pemilik smartphone.

Jika benar terpasang pada Mi 7, artinya tak lama lagi para MiFans bisa merasakan kehebatan 3D Facial Recognition. Pasalnya Mi 7 disinyalir meluncur pada kuartal pertama 2018.

Selain 3D Facial Recognition, ada beberapa spesifikasi Mi 7 yang sudah bocor di internet. Antara lain, perangkat high-end itu diisukan memiliki kamera ganda yang berbasis kecerdasan buatan (AI).

Prosesornya dipercayakan pada Snapdragon 845 buatan Qualcomm. Untuk pengisian daya pun sudah mendukung wireless charging, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (29/12/2017), dari Gizmochina.

Secara desain, Mi 7 kabarnya mengusung desain bezel-less dengan aspek rasio 18:9 untuk ukuran layar 5,65 inci (reguler) dan 6,01 inci (plus). Sejauh ini belum ada yang secara resmi membenarkan rumor yang berseliweran.

Baca juga : Xiaomi Mi 7 Dipastikan Pakai Snapdragon 845, Andalkan AI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com