Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun WeChat Jadi KTP Digital di China

Kompas.com - 29/12/2017, 17:12 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - China menggandeng perusahaan teknologi Tencent meluncurkan sistem identitas digital menggunakan aplikasi WeChat bernama WeChat ID. WeChat ID akan berfungsi layaknya KTP digital untuk kegiatan adminitrasi di China yang diakui oleh Kementrian Keamanan Publik China.

Peresmian WeChat ID dilakukan dalam upacara yang diselenggarakan di Guangzhou, ibu kota Provinsi Guangdong, Senin (25/12/2017) lalu. Untuk saat ini, WeChat ID baru diujicobakan di Guangzhou dan direncanakan bisa digunakan di seluruh kota di China pada Januari 2018.

WeChat ID bisa digunakan ketika melakukan autentikasi identitas, seperti pemesanan hotel atau tiket, layanan perbankan dan penggunaan jasa pengiriman.

Ada dua versi WeChat ID, pertama adalah lightweight version yang digunakan untuk aktivitas sederhana, seperti mendaftar (sign up) ke warnet. Sedangkan upgraded version digunakan untuk autentikasi identitas yang lebih aman, seperti transaksi bisnis.

Baca juga : WeChat Wajib Nama Asli, KakaoTalk dan Line Dilarang

"Tidak perlu menunjukan KTP ketika melakukan registrasi komersil dan industri, karena WeChat ID sudah cukup", ujar perwakilan pusat pelayanan adminitrasi distrik Nansha di Guangzhou, dilansir KompasTekno dari China Daily, Jumat (29/12/2017).

Pihak kepolisian juga menegaskan bahwa KTP digital cukup mudah, aman, dan akurat untuk digunakan sebagai informasi.

"Terkoneksi dengan wajah pengguna, sidik jari, dan chip KTP fisik, membuatnya (WeChat ID) hampir tidak mungkin untuk dipalsukan", jelas pihak Kepolisian.

Proyek WeChat ID disebut akan membantu mencegah pencurian identitas secara online.
Sebab, teknologi pengenal wajah digunakan untuk memverifikasi identitas pemohon sebelum KTP mereka disetuji.

WeChat ID bukanlah platform aplikasi mobile pertama yang dijadikan sebagai KTP digital. Sebelumnya, Alipay yang merupakan platform pembayaran online, juga membuat sistem serupa, bekerja sama dengan Kantor Keamanan Publik daerah Wuhan di Provinsi Hubei. Lebih dari 400.000 penduduk telah terdaftar di Alipay.

Baca juga : iMessage Apple Disebut Contek WeChat


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com