Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Tahun Baru 2017, Google Pasang Doodle Berseri

Kompas.com - 31/12/2017, 08:44 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Malam Tahun Baru menjadi momentum mengevaluasi diri, menancapkan harapan dan optimisme untuk masa depan yang lebih baik, atau sekadar jadi alasan berkumpul bersama orang-orang terkasih. Masing-masing orang memiliki cara sendiri merayakan pergantian tahun.

Google pun turut menyemarakkan Malam Tahun Baru 2017 dengan mematrikan doodle berseri di laman mesin pencarinya. Ada lima doodle yang menceritakan tahap-tahap perayaan pergantian tahun dari 2017 ke 2018.

Karakter pada doodle tersebut adalah segerombolan ayam dan seekor burung yang dipersonifikasi. Pada doodle pertama, terlihat wajah-wajah girang para ayam dan burung menyambut Malam Tahun Baru 2017.

Selanjutnya, doodle kedua memperlihatkan dua anak ayam sedang menyiapkan perlengkapan pesta Malam Tahun Baru 2017. Lantas doodle ketiga mengambil latar petang, tampak para ayam dan burung makan bersama.

Pada doodle keempat, anak-anak ayam bersemangat bermain kembang api. Terakhir, pada doodle kelima, terpatri kenang-kenangan berupa foto dan rentetan hadiah yang dipertukarkan pada Malam Tahun Baru 2017, sebagaimana pantauan KompasTekno, Minggu (31/12/2017).

Malam Tahun Baru sendiri dimulai sejak petang hingga tengah malam tanggal 31 Desember, yang tak lain adalah hari terakhir dari sebuah tahun menurut penghitungan kalendar Gregorian yang disepakati secara global.

Tiap-tiap kota memiliki tradisi perayaan Malam Tahun Baru yang berbeda. Kebanyakan mengadakan pesta bersama di lapangan terbuka untuk menanti detik-detik pergantian tahun. Misalnya saja di Edinburgh, Sydney, Toronto, Tokyo, Moskwa, London, New York, dan Jakarta.

Di Jakarta, perayaan Malam Tahun Baru biasanya dipusatkan di sekitar Monumen Nasional dan Bundaran Hotel Indonesia. Di kota-kota lainnya di Indonesia, masyarakat biasanya berkumpul di alun-alun atau kantor walikota.

Di antara negara yang paling cepat merayakan pergantian tahun adalah Kribati dan Samoa. Sementara itu, Honolulu yang terletak di Hawai adalah salah satu kota yang paling lambat merasakan pergantian tahun.

Anda sendiri hendak merayakan Malam Tahun Baru 2017 seperti apa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com