Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Dinobatkan Jadi Gadget Terlaris 2017

Kompas.com - 02/01/2018, 13:38 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber USA Today

KOMPAS.com - Gadget mana yang paling laku terjual sepanjang tahun 2017 lalu? Jawabannya, menurut firma riset pasar GBH Insights, adalah ponsel pintar iPhone besutan Apple.

Dirilis menjelang akhir 2017, data GBH Insights memprediksi penjualan gabungan tiga model iPhone sepanjang 2017 (iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X) di seluruh dunia bakal mencapai kisaran 223 juta unit.

Jumlah itu lebih tinggi dibanding penjualan iPhone tahun lalu yang tercatat sebanyak 211 juta unit, tapi lebih sedikit dibanding puncaknya sebesar 230 juta unit pada 2015.

Setelah iPhone, di urutan kedua ada Samsung Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 yang angka penjualan gabungannya mencapai 33 juta unit.

Setelah itu berturut-turut menyusul gadget dari jenis lain, yakni speaker pintar Amazon Echo Dot (24 juta unit), arloji pintar Apple Watch (20 juta unit), dan konsol game Nintendo Switch (15 juta unit).

Baca juga : Tiap Jual 1 iPhone, Apple Untung Rp 2 Juta

Apple mengambil langkah riskan dengan memperkenalkan tiga model iPhone pada 2017. Duo iPhone 8 dan iPhone 8 Plus segera kalah pamor dari iPhone X yang dirilis belakangan.

Namun, nyatanya pabrikan yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat itu masih berhasil menjual lebih banyak iPhone dibanding tahun sebelumnya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari USA Today, Selasa (2/1/2017), analis GBH Insights Daniel Ives memperkirakan penjualan iPhone pada 2018 bakal lebih tinggi lagi karena tahun ini Apple diperkirakan bakal memperbarui lini ponsel iPhone SE yang lebih terjangkau.

Akan halnya Samsung, meski dua modelnya kalah laris dari iPhone, jumlah total penjualan smartphone (semua lini Galaxy) besutan raksasa Korea Selatan tersebut masih lebih banyak dibanding Apple.

Tahun 2016 saja Samsung berhasil menjual 320 juta perangkat. Sementara, untuk platform mobile secara keseluruhan, Android menguasai 85 persen, sedangkan iOS (iPhone) 15 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber USA Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com