Cara Hapus Riwayat Pencarian Google di Desktop dan Mobile

Kompas.com - 02/01/2018, 19:21 WIB
Google Fortune Telling sebenarnya bukan milik Google. screenshotGoogle Fortune Telling sebenarnya bukan milik Google.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Google telah menjelma menjadi kamus apa saja untuk mencari hal paling serius hingga paling sepele di search engine raksasa ini. Ketika melakukan pencarian, seringkali muncul riwayat pencarian yang sudah pernah dilakukan, atau saran pencarian yang mirip dengan riwayat pencarian yang pernah dilakukan.

Banyak yang terbantu dengan saran pencarian ini, namun tak jarang merasa terganggu. Google telah menyediakan cara bagi penggunanya yang ingin menghapus jejak pencarian di desktop maupun mobile, dengan mengakses menu 'My Activity' atau 'Aktivitas Saya'.

Menu Aktivitas Saya sebenarnya umum digunakan untuk melacak riwayat pencarian di desktop maupun mobile ketika masuk ke akun Google. Berikut KompasTekno rangkum cara menghapus riwayat pencarian di Google, dilansir dari Gadgets Now, Selasa (2/1/2018).

Desktop

Menghapus riwayat pencarian Google di desktop dapat dilakukan dengan masuk (sign in) ke halaman My Activity di tautan myactivity.google.com.

Halaman My Activity di Google.Google Halaman My Activity di Google.
Kemudian, klik menu 'Delete activity by' yang berada di sisi kiri layar, lalu pilih jangkauan hari yang terdiri dari hari ini (today), pencarian 7 hari terakhir (last 7 days), pencarian 30 hari terakhir (last 30 days), sepanjang waktu (all time) .

Pengguna juga bisa mengatur sendiri jangkauan waktu yang ingin dihapus pencariannya, dengan memilih tanggal melalui kolom bagian bawah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah memilih waktu, pilih 'All Products', lalu pilih 'Search' untuk hapus situs yang pernah ditelusuri, atau pilih 'Image Search' untuk hapus pencarian gambar yang pernah dilakukan. Terakhir, klik 'Delete' pada kotak pop-up yang muncul.

Baca: Google Hapus 500 Aplikasi yang Laris Diunduh di Play Store

Mobile

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.