Selamat Tinggal Groove, Layanan Musiknya Resmi Berhenti

Kompas.com - 03/01/2018, 09:09 WIB
Pelanggan Groove Music disarankan pindah ke Spotify MicrosoftPelanggan Groove Music disarankan pindah ke Spotify

KOMPAS.com - Microsoft secara resmi menutup layanan music-streamingGroove” miliknya mulai awal 2018 ini. Para pengguna bisa memindahkan konten mereka ke Spotify dengan mudah, mengingat layanan music-streaming asal Swedia tersebut merupakan mitra bisnis Microsoft.

Pengguna kini sudah tidak bisa lagi mendengar lagu secara online dari aplikasi Groove di platform manapun dan membeli musik dari Microsoft Store.

Meski begitu, aplikasi Groove masih mendukung playback untuk file lokal. Pengguna bisa memutar file lokal via OneDrive untuk lintas perangkat dengan Windows 10 dan Xbox One.

Diketahui, Groove merupakan bagian dari rebranding Microsoft Xbox Music pada 2015 lalu. Aplikasi tersebut dilengkapi fitur-fitur semacam Video Playback, Radio, Explore, dan Recommended Song.

Baca juga: Groove Berhenti Akhir 2017, Pengguna Diminta Pindah ke Spotify

Mekanismenya serupa dengan layanan music-streaming yang beredar saat ini, tetapi gagal memancing ketertarikan netizen untuk menggunakannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (3/1/2018), dari MobileSyrup.

Sejak Oktober 2017, Microsoft sudah sesumbar soal rencana penutupan Groove. Lantas pada 31 Desember 2017, Groove secara bertahap mulai dimatikan.

Setelah Tahun Baru 2017, tepatnya pada 2 Januari 2018 kemarin, elemen-elemen online dari Groove sepenuhnya tak bisa lagi digunakan. Ketika membuka Microsoft Store di perangkat Windows 10, pengguna bakal melihat menu baru selain tab musik.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X