Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aktifkan Tethering, Bikin Hotspot WiFi dengan Smartphone

Kompas.com - 03/01/2018, 20:12 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

KOMPAS.com - Tak semua tempat menyediakan koneksi Wi-Fi secara cuma-cuma alias gratis. Lantas, bagaimana jika Anda sedang membutuhkan sambungan Wi-Fi?

Jawabannya adalah dengan memanfaatkan smartphone sebagai hotspot Wi-Fi, atau istilahnya adalah tethering. Memang cara ini suah lazim digunakan oleh banyak orang, namun ada pula yang belum mengetahui cara mengaktifkan tethering, apalagi jika pengguna baru saja berganti dari feature phone ke smartphone.

Untuk itu, kali ini KompasTekno akan mengulas bagaimana cara mengaktifkan personal Wi-Fi atau hotspot tethering lewat perangkat smartphone.

Seperti dikutip dari Digital Trends, Rabu (3/1/2017) smartphone yang menggunakan sistem operasi Android dan iOS memiliki pengaturan yang berbeda. Untuk pengguna Android, Anda dapat mengaktifkannya dengan cara berikut:

1. Buka Settings.

2. Tekan opsi Network & Internet (Internet dan jaringan). Kemudian akan muncul beberapa pilihan. Tekan menu hotspot & Tethering.

3. Setelah menu terbuka, akan muncul beberapa opsi, salah satunya adalah hotspot Wi-Fi. Geser tombol yang berada di samping opsi tersebut ke kanan untuk mengaktifkan mode hotspot Wi-Fi.

4. Jika Anda ingin membuat sambungan tersebut lebih personal, ketuk pilihan pengaturan hotspot hingga muncul tampilan nama (Network name) dan Password (kata sandi). Masukkan password yang diinginkan dan tekan tombol Save.

5. Setelah selesai, Anda akan menemukan jaringan Wi-Fi pribadi yang telah dibuat.

Langkah AndroidRizky.c Septania Langkah Android

Untuk smartphone yang menggunakan sistem operasi iOS, pengaturannya juga cukup mudah dan tidak berbeda jauh. Anda bisa lakukan langkah berikut:

1. Buka Settings. Setelah itu, tekan opsi Personal Hotspot.

2. Selanjutnya, beralihlah ke menu slider yang ada di samping opsi Personal Hotspot. Ubah tombol tersebut ke posisi On atau berwarna hijau.

3. Jika ingin menambah password (kata sandi) pada hotspot Wi-Fi, Anda dapat melakukannya di layar yang sama.

4. Setelah selesai, Anda dapat menghubungkan gadget lain dengan hotspot Wi-Fi pribadi Anda.

Langkah pengaturan iPhoneRizky.C.Septania Langkah pengaturan iPhone

Jangan lupa mematikan sambungan hotspot dengan cara yang sama, setelah selesai menggunakan sambungan Wi-Fi dari smartphone.

Perlu diingat ketika menggunakan smartphone untuk menciptakan sambungan Wi-Fi, upayakan baterai dalam keadaan penuh. Sebab, kegiatan ini menguras cukup banyak daya.

Atau bisa juga mengaktifkan fitur ini sembari melakukan pengisian daya. Tapi ini tidak dianjurkan, karena akan membuat ponsel cepat panas dan mempercepat kerusakan baterai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com