10 Teknologi yang Tutup Usia Pada 2017

Kompas.com - 04/01/2018, 10:34 WIB
Nintendo Classic Mini NintendoNintendo Classic Mini
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Tahun 2017 telah menorehkan beberapa sejarah dalam perkembangan teknologi, terutama gadget dan software. Walau beberapa teknologi baru dikenalkan, namun ada pula yang terpaksa harus dimatikan.

Alasannya beragam. Entah karena teknologi tersebut sudah tidak relevan, atau sepi peminat. Dalam menyambut tahun baru 2018, KompasTekno merangkum daftar 10 teknologi yang pada 2017 lalu dihentikan atau ditutup layanannya.

Padahal, beberapa teknologi tersebut pernah mendunia dan digandrungi oleh pengguna di masanya. Apa saja? berikut daftarnya, seperti dirangkum KompasTekno dari GadgetNow, Kamis (4/1/2017).

Ponsel Windows

Seri ponsel pertama yang dikembangkan oleh raksasa teknologi, Microsoft ini dihentikan produksinya kisaran bulan Oktober 2017. Pengumuman ini diberitahukan langsung oleh Joe Belfiore, Vice President Windows 10 dalam akun Twitter resminya.

Nokia Lumia 930 dengan sistem operasi Windows Phone 8.1Nokia Nokia Lumia 930 dengan sistem operasi Windows Phone 8.1
Waktu itu, Belfiore menyatakan bahwa Microsoft berhenti mengembangkan ponsel Windows. Alasannya, pengembang tidak mendukung platform pada ponsel windows. Kebanyakan dari mereka berfokus pada pengembangan aplikasi iOS dan Android yang memang memiliki banyak pengguna.

Meski begitu, Microsoft akan terus mendukung sistem operasi Windows Phone dengan memberbaiki bug dan pembaruan keamanan.

Microsoft Kinect

Di awal kemunculannya, Microsoft Kinect menawarkan pengalaman yang tidak pernah dilakukan oleh industri game. Bagaimana tidak, mesin ini mampu memadukan game konsol dengan kamera sensor.

Teknologi gerak Kinect merupakan buatan dari perusahaan asal Israel, PrimesenseMicrosoft Teknologi gerak Kinect merupakan buatan dari perusahaan asal Israel, Primesense
Tapi sayang, software ini harus dimatikan oleh Microsoft pada tahun ketujuh setelah ia diperkenalkan ke publik. Kurangnya permainan yang memanfaatkan teknologi ini menjadi alasan kenapa konsol ini harus mati muda.

Meski begitu, Microsoft Kinect telah menorehkan sejarah di jagat gaming. Tahun 2011, Microsoft Kinect yang dipasang melalui mesin konsol Xbox 360 memecahkan rekor penjualan tercepat.

Di hari pertama rilis, 1 juta unit Xbox 360 terjual dalam kurun wakut 24 jam. Sebagai informasi tambahan, rekor ini juga tercatat di buku rekor dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber GadgetsNow
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X