Ditemukan, Kelemahan Fatal yang Ada di Chip Intel Sejak 1995

Kompas.com - 04/01/2018, 13:48 WIB
Ilustrasi bug sekuriti Meltdown dan Spectre. spectreattack.comIlustrasi bug sekuriti Meltdown dan Spectre.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Baru beberapa hari memasuki tahun 2018, dunia komputer kembali dibuat heboh dengan penemuan kelemahan fatal yang sudah ada di prosesor-prosesor Intel sejak lebih dari dua dekade lalu hingga kini.

Disebut sebagai “Meltdown” dan “Spectre”, dua celah keamanan itu dapat membocorkan data yang tersimpan di dalam kernel, program inti di sistem operasi yang menjembatani antara software dengan perangkat keras (prosesor).

Kernel menyimpan data aplikasi yang berjalan dalam memori khusus, terpisah dari proses lain dan dilindungi oleh mekanisme proteksi.

Meltdown dan Spectre bisa digunakan untuk menembus pengamanan ini dan mencuri informasi di dalam kernel, misalnya data dari aplikasi password manager, browser, e-mail, hingga foto dan dokumen.

Baca juga : Ada Bug di 3 Generasi Prosesor Intel, Jutaan PC Terancam

“Seorang penyerang bisa saja mengambil data apa pun dari sistem,” tulis Daliel Gruss, salah satu peneliti kemananan yang menemukan bug Meltdown, dalam sebuah e-mail kepada ZD Net, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Kamis (4/1/2018).

Karena sifatnya yang melibatkan kernel dan cara interaksi antara perangkat keras dan sistem operasi, Meltdown dan Spectre tak pandang bulu. Perangkat-perangkat berprosesor Intel, baik yang menjalankan Windows, Mac OS, atau Linux, ikut terdampak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejak 1995

Meltdown dan Spectre memiliki cara kerja berbeda dalam membobol kernel. Meltdown mematikan mekanisme yang mencegah aplikasi umum mengakses kernel. Akibatnya, aplikasi pun bisa membaca memori sistem.

Menurut tim peneliti penemu kedua bug, Meltdown berdampak pada semua prosesor Intel yang menerapkan eksekusi out-of-order. Berarti, tiap prosesor Intel yang dibikin sejak 1995 mengidap celah keamanan ini, kecuali Itanium dan Atom sebelum 2013.

Belum jelas apakah prosesor bikinan AMD dan ARM ikut terimbas oleh Meltdown atau tidak.

Halaman:


Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.