Kompas.com - 04/01/2018, 17:12 WIB
Teknologi gerak Kinect merupakan buatan dari perusahaan asal Israel, Primesense MicrosoftTeknologi gerak Kinect merupakan buatan dari perusahaan asal Israel, Primesense
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Microsoft dipastikan telah 'membunuh' Kinect setelah tak lagi memproduksi perangkat adaptornya. Adaptor Kinect ini digunakan untuk menghubungkan sensor kamera 3 dimensi Kinect dengan konsol Xbox One S, atau Xbox One X.

"Setelah mempertimbangkan secara hati-hati, kami memutuskan untuk menghentikan produksi adaptor Kinect Xbox dan mengalihkan fokus ke peluncuran konsol baru, yang banyak dinantikan penggemar di akesoris Xbox One dan Windows 10", jelas juru bicara Microsoft seperti yang KompasTekno rangkum dari Polygon, Kamis (4/1/2017).

Tak disebutkan lebih lanjut rencana produk yang akan diluncurkan, tapi Microsoft secara tegas mengatakan jika persediaan adapter Kinect tak akan lama lagi.

Di awal peluncuran, Kinect yang dipasangkan dengan Xbox One memang dikritik, karena keberadaan Kinect membuat harga Xbox One menjadi lebih mahal dibanding pesaingnya, PlayStation 4.

Baca juga : Microsoft Setop Produksi Kinect

Namun, keputusan penghentian ini tetap menjadi kabar duka untuk sebagian penggemar setia Kinect. Sebab saat ini sulit menemukan adapter Kinect. Stok adaptor Kinect di Microsoft Store juga dikabarkan telah habis selama berbulan-bulan.

Bagi mereka yang masih bergantung pada adaptor Kinect, hanya bisa memperoleh versi bekas nya saja. Jika masih beruntung, mereka bisa mendapatkannya di eBay atau Amazon dengan harga 150 hingga 300 dollar AS (sekitar Rp 2-4 juta).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapter Kinect sempat dibagikan cuma-cuma oleh Microsoft saat peluncuran Xbox One S Agustus 2016 silam, khusus bagi mereka yang memperbarui konsolnya dari Xbox One ke Xbox One S.

Setelah delapan bulan, Microsoft mencabut promosi itu pada Maret 2017, dan tidak mempromosikannya lagi pada peluncuran Xbox One X pada November 2017 lalu.

Tanpa adapter Kinect, tidak ada cara untuk menghubungkan Kinect ke PC atau Xbox model terakhir. Para pemain tidak akan lagi bisa bermain game seperti Fantasia: Music Evolved atau Dance Central Spotlight, serta tidak bisa lagi menggunakan kontrol suara Xbox One dengan mudah.

Baca juga : Microsoft Bikin Xbox One Murah Tanpa Kinect

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.