Operator Seluler Bisa Sembunyikan Kekuatan Sinyal di Android P?

Kompas.com - 05/01/2018, 08:58 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Google dikabarkan berencana memberikan kewenangan ke operator seluler untuk menyembunyikan informasi kekuatan sinyal di OS Android versi yang akan datang (Android P). Informasi itu terungkap setelah ada bocoran kode Android P yang dikirim ke Andorid Open Source Project (AOSP).

Pemilik perangkat bisa mengecek kekuatan sinyal dengan melihat menu SIM status di bagian Settings. Namun dengan adanya kode tersebut, kelak perusahaan operator seluler bisa menyembunyikan informasi kekuatan sinyal dari pemilik perangkat.

Fitur menyembunyikan informasi kekuatan sinyal di perangkat Android dikabarkan diminta sendiri oleh perusahaan operator dan disetujui oleh Google.

Belum diketahui pasti mengapa perusahaan operator ingin menyembunyikan informasi kekuatan sinyal jika hal tersebut mudah terlihat pada iterasi yang ada di Android.

Baca juga : Ponsel Android Rp 400.000 Meluncur Bulan Ini?

Dalam kode tersebut juga terungkap bahwa Google hanya penyembunyian informasi kekuatan sinyal di menu SIM status, bukan menghapus API yang bisa menarik informasi kekuatan sinyal. Dengan demikian, aplikasi pihak ketiga masih bisa memanfaatkan API ini untuk menampilkan informasi kekuatan sinyal.

Di versi Android yang beredar saat ini, kekuatan sinyal operator diukur dalam angka numerik dalam satuan desibel-milliwatt (dBm) atau arbitrary strength unit (asu).

Walau sinyal biasanya dicek lewat ikon lima baris yang muncul di atas layar, namun kekuatan sinyal yang sesungguhnya adalah angka numerik tadi. Jika jaringan buruk, maka angka dBm juga akan menurun.

Dari laporan XDA Developer yang dihimpun KompasTekno, Jumat (5/1/2018), perubahan ini bukan berarti membuat pengguna Android tidak bisa mengecek kekuatan sinyal, namun informasi yang ditampilkan tidak mencerminkan yang sesungguhnya/apa adanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BGR India


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.