Samsung Patenkan Teknologi Layar Gulung

Kompas.com - 05/01/2018, 11:02 WIB
Ilustrasi perangkat tablet dengan layar gulung di dalam paten Samsung. LetsgodigitalIlustrasi perangkat tablet dengan layar gulung di dalam paten Samsung.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Samsung adalah salah satu pabrikan yang mengembangkan teknologi layar fleksibel untuk gadget. Selain tipe display yang bisa ditekuk-tekuk, vendor asal Korea Selatan ini mungkin juga membikin layar jenis fleksibel, jenis lain yang bisa digulung.

Keberadaan layar gulung Samsung diketahui lewat dukumen paten yang belakangan mengemuka dan beredar di internet. Paten menampilkan perangkat tablet berbentuk serupa gulungan naskah antik, tapi dengan layar OLED fleksibel alih-alih kertas.

Layar fleksibel terpasang ke sebuah bodi perangkat berbentuk seperti silinder. Saat sedang tidak terpakai, layar bisa digulung di sekeliling badan perangkat ini, sehingga menghemat tempat dibandingkan tablet tradisional.

Baca juga : LG Bikin Keyboard Wireless yang Bisa Digulung

Di bagian samping bodi perangkat, Samsung menempatkan sebuah pemindai sidik jari untuk keperluan pengamanan. Mungkin pengguna nantinya mesti memindai jari terlebih dahulu sebelum bisa "menggelar" layar yang digulung seperti tikar itu.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari LetsGoDigital, Jumat (5/1/2018), dalam paten, teknologi layar gulung ala Samsung ini disebut sebagai "rollable OLED display". Sistem operasinya bisa menggunakan apa pun yang tersedia, entah Windows 10 atau Android.

Selain Samsung, LG dan Philips juga diketahui tengah mengembangkan teknologi layar fleksibel. Namun, hingga kini masih belum ada perangkat dengan layar tekuk yang hadir di pasaran.

Sang tablet dengan layar gulung rekaan Samsung pun belum tentu mewujud dalam bentuk produk jadi, seperti halnya perangkat-perangkat lain yang masih berupa paten.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.