Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Facebook Bertanya Macam-macam Belakangan Ini?

Kompas.com - 06/01/2018, 16:16 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

KOMPAS.com- Sejumlah pengguna mungkin menyadari belakangan ini Facebook sering melontarkan pertanyaan acak yang bersifat pribadi, seperti pekerjaan impian, kekuatan super yang didambakan, atau pengakuan yang ingin diungkap.

Pertanyaan tersebut biasanya muncul dalam fitur "Did You Know", yang bisa diakses ketika pengguna membuka halaman profil.

Berdasarkan informasi yang dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Sabtu (6/1/2018), hal ini dilakukan Facebook untuk mengajak penggunanya agar lebih terbuka mengenai dirinya. Sebab, Facebook pada dasarnya memang diciptakan untuk berinteraksi dengan menghapus jarak antar pengguna.

Alih-alih digunakan sebagai wadah interaksi antar-individu, Facebook saat ini lebih sering digunakan untuk membagikan tautan berita.

Karena itulah, belakangan ini Facebook memunculkan sejumlah fitur baru yang dianggap dapat meningkatkan minat pengguna untuk berbagi mengenai dirinya. Contoh lainnya adalah penulisan status warna-warni.

Baca: Ini Alasan Facebook Bikin Status Teks dengan Latar Berwarna

Sebagian pengguna mungkin menganggap pertanyaan yang dilontarkan Facebook agak aneh.
Jika sudah terjawab, maka pengguna dapat memilih untuk membagikan jawaban tersebut. Namun jika tidak, jawaban tersebut dapat disimpan sendiri dengan menyetelnya sebagai postingan privat.

Meski begitu, tidak sedikit dari pengguna Facebook memilih untuk menjawab dan mempublikasikan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Fitur menanyakan hal pribadi ini mirip dengan aplikasi jajak pendapat Tbh. Aplikasi tersebut populer di kalangan remaja di Amerika Serikat, Tbh. Facebook sendiri telah mengakuisisi TBH pada Oktober 2017 lalu dengan harga sekitar 100 juta dollar AS (sekitar Rp 1,3 triliun).

Baca: Facebook Akuisisi Tbh, Medsos yang Ramai di Kalangan Remaja

Tbh sempat menjadi aplikasi nomor satu di AS. Namun setelah dibeli Facebook, rating Tbh, menurut lembaga App Annie, turun drastis ke urutan 700-an.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com