Cara Melindungi Perangkat dari Celah "Spectre" dan "Meltdown" Halaman 1 - Kompas.com

Cara Melindungi Perangkat dari Celah "Spectre" dan "Meltdown"

Kompas.com - 08/01/2018, 08:41 WIB
Ilustrasi bug sekuriti Meltdown dan Spectre.spectreattack.com Ilustrasi bug sekuriti Meltdown dan Spectre.

KOMPAS.com - Memasuki awal 2018, peneliti menemukan kelemahan fatal yang berdampak pada kemanan data pada sejumlah prosesor Intel dan ARM. Kelemahan tersebut kemudian disebut sebagai "Meltdown" dan "Spectre".

Baik "Meltdown" maupun "Spectre" disebut berbahaya, lantaran keduanya mampu membocorkan data tersimpan dalam kernel, program inti pada sistem operasi yang menghubungkan antara software dengan perangkat keras (prosesor).

Alhasil, celah ini dapat dimanfaatkan hacker untuk menembus kemananan dan mencuri informasi dari kernel, seperti password manager, browser, e-mail, foto, dan sejumlah dokumen.

Baik "Meltdon" maupun "Spectre tidak pandang bulu. Mereka menyerang kernel pada perangkat dengan sistem operasi apa pun yang menggunakan chip Intel atau ARM, baik Windows, Mac OS, Android, bahkan iOS, semua ikut terdampak.

Meski begitu, pengguna bisa mencegah dan melindungi perangkatnya dari gangguan kedua celah ini dengan melakukan pembaruan sistem.

Berikut adalah tips yang dapat dilakukan pengguna perangkat untuk mencegah "Meltdown" dan "Specte" di perangkat masing-masing.

Android

Google mengumumkan telah memasukkan update keamanan di sistem Android pada 5 Januari, namun baru untuk perangkat Android buatan Google, seperti Nexus dan Pixel. Untuk perangkat android merek lain, tampaknya harus menunggu sedikit lebih lama sebelum pembaruan software ini dirilis.

Pembaruan tersebut dirilis untuk memitigasi atau mencegah Meltdown dan Spectre menjangkit perangkat Android. Update lebih lanjut akan dirilis Google di masa depan.

iPhone dan iPad

Dibandingkan Android, Apple tampak lebih dulu dalam menangani celah ini. Berdasarkan informasi yang dikutip KompasTekno dari CNET, Senin (8/1/2017), Apple telah merilis update keamanan Spectre dan Meltdown semenjak update iOS versi 11.2 yang dirilis pada 2 Desember 2017 lalu.


Page:
EditorReska K. Nistanto
SumberCNET

Close Ads X