Cara AMD Bikin "Radeon Ada di Mana-mana"

Kompas.com - 08/01/2018, 16:39 WIB
Vice President and General Manager AMD Radeon Technologies Groups, Scott Herkelman, dalam AMD Tech Day 2018 di Las Vegas, Sabtu (6/1/2018) dokumentasi AMDVice President and General Manager AMD Radeon Technologies Groups, Scott Herkelman, dalam AMD Tech Day 2018 di Las Vegas, Sabtu (6/1/2018)
Penulis Bayu Galih
|
EditorReska K. Nistanto

LAS VEGAS, KOMPAS.com - Advanced Micro Devices ( AMD) memahami bahwa pengembangan kartu grafis Radeon masih menjadi keunggulannya. Karena itu, AMD menyiapkan sejumlah strategi untuk menjadikan Radeon sebagai lini produk yang ada di semua platform.

Untuk mewujudkan ambisi agar "Radeon ada di mana-mana", tahun ini AMD akan mulai dengan setidaknya tiga cara, yakni membenamkan kartu grafis discrete Radeon Vega ke dalam APU Ryzen, meluncurkan Radeon Vega Mobile, hingga menanamkan Radeon ke chip terbaru Intel yang dikenal sebagai perusahaan pesaing.

"Vega berkembang ke banyak pasar, dari workstation, PC gaming highend, hingga consumer PC," kata Vice President and General Manager AMD Radeon Technologies Groups, Scott Herkelman, dalam AMD Tech Day 2018 di Las Vegas, akhir pekan lalu (6/1/2018).

AMD sudah mengumumkan akan membenamkan GPU discrete Radeon Vega ke dalam APU Ryzen Mobile. Dengan demikian, Radeon Vega akan membantu AMD untuk menghadirkan laptop yang memadukan arsitektur Zen dan grafis Vega di dalamnya.

Ilustrasi: ambisi AMD agar Radeon ada di mana-manadokumentasi AMD Ilustrasi: ambisi AMD agar Radeon ada di mana-mana
Tidak hanya itu, Radeon Vega juga akan dibenamkan dalam APU Ryzen versi desktop. Pengguna PC pun memiliki opsi harga yang lebih murah untuk memainkan game dengan grafis tajam.

Misalnya, AMD akan membanderol harga Ryzen 5 2400G senilai 169 dollar AS (sekitar Rp 2,2 juta). Harga itu sangat kompetitif dibandingkan Intel Core i5 8400 sebesar 199 dolar AS (sekitar Rp 2,6 juta), namun harus ditambah grafis Nvidia GT 1030 seharga 89 dollar AS (sekitar Rp 1,2 juta).

Kemudian, AMD meluncurkan Radeon Vega Mobile. Kartu grafis ini menjanjikan grafis terbaik untuk game kelas AAA, namun dalam desain yang lebih compact.

Kemungkinan Radeon Vega Mobile dipersiapkan untuk menghadirkan perangkat gaming dalam desain laptop yang lebih tipis.

Hal yang juga mengejutkan, AMD juga bersedia bekerja sama dengan Intel untuk menyematkan grafis Radeon Vega ke dalam chip Intel generasi ke-8 atau Kaby Lake G.

"Ini akan membantu kami untuk menghadirkan kerja sama dalam peningkatan GPU kai dan CPU mereka," kata Scott Herkelman.

Baca juga : Intel dan Seteru Abadinya Kerja Bareng Bikin Chip

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X