Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Siapkan Konsekuensi untuk Logan Paul

Kompas.com - 10/01/2018, 19:07 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

Sumber Polygon

KOMPAS.com - YouTube akhirnya buka suara atas video blog (vlog) YouTuber kondang asal Amerika Serikat, Logan Paul yang menampilkan korban terduga bunuh diri di hutan Aokigahara, Jepang.

Melalui rangkaian thread (utas) di Twitter, YouTube mengutuk video tersebut dan menyebut sedang menyiapkan konsekuensi lebih lanjut.

Thread dibuka dengan kekecawaan YouTube atas viral-nya video tersebut. YouTube menyebut jika bunuh diri bukanlah lelucon, bahkan untuk menarik penonton di YouTube. Kanal Logan Paul dianggap melanggar pedoman YouTube sehingga pihaknya akan menyiapkan langkah selanjutnya sesuai pedoman.


Banyaknya protes negatif membuat sebagian orang mempertanyakan tanggung jawab YouTube sesuai pedoman yang berlaku.

YouTube mengakui agak lamban merespon kejadian ini. Namun, mereka akan segera memberi tahu, langkah apa yang akan diambil untuk memastikan video semacam itu tidak terulang kembali.

"Kami paham bahwa tindakan dari satu kreator dapat memengaruhi komunitas (YouTuber), jadi kami akan segera memberitahu langkah apa yang kami ambil selanjutnya untuk memastikan video semacam ini tidak pernah beredar lagi", tulis YouTube.

Baca: YouTuber Kondang Minta Maaf Setelah Viralkan Korban Bunuh Diri Jepang

Dirangkum KompasTekno dari Polygon, Rabu (10/1/2018), YouTube menegaskan jika kanal Paul harus segera ditindak. Namun belum jelas apakah kanal tersebut benar-benar sudah ditindak oleh YouTube atau belum.

Paul sendiri telah meminta maaf dua kali di akun Twitter pribadinya, dan membuat video khusus di YouTube sebagai permohonan maaf. Ia pun baru-baru ini mengumukan akan berhenti sementara untuk membuat vlog di YouTube.

Paul memang telah menarik video kontroversial tersebut sejak dirilis 31 Desember 2017.
Sayangnya, video re-upload (diunggah kembali) masih menyebar di YouTube dan masih mudah ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Polygon
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com