Kompas.com - 10/01/2018, 19:07 WIB
YouTuber Logan Paul di YouTbe Space Tokyo YouTuber Logan Paul di YouTbe Space Tokyo
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - YouTube akhirnya buka suara atas video blog (vlog) YouTuber kondang asal Amerika Serikat, Logan Paul yang menampilkan korban terduga bunuh diri di hutan Aokigahara, Jepang.

Melalui rangkaian thread (utas) di Twitter, YouTube mengutuk video tersebut dan menyebut sedang menyiapkan konsekuensi lebih lanjut.

Thread dibuka dengan kekecawaan YouTube atas viral-nya video tersebut. YouTube menyebut jika bunuh diri bukanlah lelucon, bahkan untuk menarik penonton di YouTube. Kanal Logan Paul dianggap melanggar pedoman YouTube sehingga pihaknya akan menyiapkan langkah selanjutnya sesuai pedoman.


Banyaknya protes negatif membuat sebagian orang mempertanyakan tanggung jawab YouTube sesuai pedoman yang berlaku.

YouTube mengakui agak lamban merespon kejadian ini. Namun, mereka akan segera memberi tahu, langkah apa yang akan diambil untuk memastikan video semacam itu tidak terulang kembali.

"Kami paham bahwa tindakan dari satu kreator dapat memengaruhi komunitas (YouTuber), jadi kami akan segera memberitahu langkah apa yang kami ambil selanjutnya untuk memastikan video semacam ini tidak pernah beredar lagi", tulis YouTube.

Baca: YouTuber Kondang Minta Maaf Setelah Viralkan Korban Bunuh Diri Jepang

Dirangkum KompasTekno dari Polygon, Rabu (10/1/2018), YouTube menegaskan jika kanal Paul harus segera ditindak. Namun belum jelas apakah kanal tersebut benar-benar sudah ditindak oleh YouTube atau belum.

Paul sendiri telah meminta maaf dua kali di akun Twitter pribadinya, dan membuat video khusus di YouTube sebagai permohonan maaf. Ia pun baru-baru ini mengumukan akan berhenti sementara untuk membuat vlog di YouTube.

Paul memang telah menarik video kontroversial tersebut sejak dirilis 31 Desember 2017.
Sayangnya, video re-upload (diunggah kembali) masih menyebar di YouTube dan masih mudah ditemukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Polygon
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.