Samsung Umumkan Waktu Peluncuran Galaxy S9 dan S9 Plus

Kompas.com - 11/01/2018, 07:39 WIB
Layar Samsung Galaxy S8 terlihat nyaris tanpa bezel Oik Yusuf/KOMPAS.comLayar Samsung Galaxy S8 terlihat nyaris tanpa bezel
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Samsung akhirnya buka suara mengenai waktu peluncuran ponsel pintar seri terbarunya, Galaxy S9 dan S9 Plus. Berdasarkan pernyataan Presiden Samsung Mobile, DJ Koh, Galaxy S9 bakal dirilis kisaran Februari 2018.

Dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (11/1/2018), peluncuran Galaxy S9 dan Galaxy S9+ dilakukan bersamaan dengan ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 yang diselenggarakan di Barcelona, Spanyol. Ajang MWC 2018 sendiri bakal digelar pada 26 Februari hingga 1 Maret 2018 mendatang.

Peluncuran Galaxy S9 di pasar smartphone lebih cepat satu bulan dibandingkan perkiraan. Sebelumnya, Galaxy S9 diprediksi bakal rilis sekitar Maret 2018. Mengingat di seri sebelumnya, S8 dan S7 pernah dirilis di bulan yang sama.

Jika mengacu pada pola sebelumnya, ponsel Samsung bakal beredar di pasaran dalam waktu satu bulan setelah tanggal rilis. Artinya, Samsung Galaxy S9 baru bisa dibeli kisaran bulan Maret 2018.

Baca : Berlapis Kaca, Inikah Wujud Punggung Galaxy S9?

Meski sudah memberi sedikit bocoran, Samsung belum mengabarkan detail mengenai tanggal rilis dan spesifikasi lebih lengkap dari ponsel tersebut. Menurut Samsung, kedua hal itu akan disimpan sebagai kejutan di Bulan Februari.

Bocoran spesifikasi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Samsung Galaxy S9 dan S9+ dikabarkan akan mengusung fitur layar infinity (bezel-less) materi Super AMOLED berukuran 5,8 inci. Sedangkan Galaxy S9+ mengusung ukuran layar lebih besar, yakni 6,2 Inci.

Dari segi hardware, bocoran yang beredar menyebut Galaxy S9 dilengkapi dengan RAM 4 GB. Sedangkan Galaxy S9+ dilengkapi dengan RAM 6 GB. Penyimpanan internal keduanya 64 GB dan mendukung slot Micro SD. Chipset yang diusung Galaxy S9 dan S9+ adalah chipset flagship terbaru buatan Qualcomm, Snapdragon 845.

Perbedaan lainnya, sensor sidik jari Samsung Galaxy S9 dan S9+ bakal dipindah ke sebelah bawah lensa kamera belakang, untuk mempermudah akses pengguna. Sebelumnya, Samsung mendapat kritikan pada Galaxy S8 karena pemindai sidik jari diletakkan di sisi kanan lensa kamera belakang, di mana pengguna susah membedakannya saat meraba.

Di seri Galaxy S9+, Samsung juga disebut bakal memberikan kamera sekunder. Artinya, Galaxy S9+ bakal mengusung fitur dual camera, seperti halnya Galaxy Note 8. Sementara Galaxy S9 tetap mengusung kamera tunggal di belakang.

Dari segi audio, Galaxy S9 dan S9+ akan dilengkapi dengan earphone buatan vendor audio AKG. Lebih menariknya lagi, Galaxy S9 dan Galaxy S9+ tetap mempertahankan colokan earphone 3,5 mm.

Apakah ponsel pintar seri terbaru ini bakal sesuai dengan rumor yang sudah lama beredar? Atau malah jauh dari ekspektasi? Kita tunggu aja bulan depan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber GSM Arena

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.