BlackBerry Siapkan 2 Ponsel Keyboard Fisik Tahun Ini

Kompas.com - 11/01/2018, 10:21 WIB
Tampak depan BlackBerry KeyOne Black Limited Edition. Oik Yusuf/ KOMPAS.comTampak depan BlackBerry KeyOne Black Limited Edition.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - BlackBerry meluncurkan KeyOne Bronze Edition di arena CES 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat. Bersamaan dengan itu muncul kabar bahwa TCL Communications selaku pemilik lisensi merek dagang BlackBerry, sedang menyiapkan dua perangkat ponsel baru untuk dirilis tahun ini.

Seperti KeyOne sebelumnya, kedua smartphone baru tersebut bakal memiliki fitur andalan berupa papan ketik QWERTY khas BlackBerry, di samping layar sentuh.

“Kami sangat percaya diri dengan kemampuan kami untuk mengembangkan pasaran (ponsel) keyboard (fisik),” sebut Gareth Hurn, Global Head of Device Portfolio BlackBerry Mobile TCL Communications.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (11/1/2018), Hurn menerangkan bahwa kedua perangkat tersebut bakal diposisikan di kelas berbeda. Harga jual salah satunya akan lebih mahal dibandingkan yang lain.

Baca: Melihat BlackBerry KeyOne, Ponsel Android dengan Keyboard Fisik

Sayang, dia tak bersedia mengungkapkan detail lebih lanjut mengenai kedua perangkat itu. TCL Communications sendiri agaknya masih meyakini masih ada segmen pasar yang menghendaki keyboard fisik di smartphone, karena dianggap mampu menunjang produktivitas.

Ponsel terbaru dari BlackBerry adalah Motion yang diluncurkan pada Oktober 2017. Berbeda dari KeyOne sebelummnya, Motion tidak dibekali keyboard fisik dan hanya mengandalkan layar sentuh selebar 5,5 inci.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

BlackBerry sudah beralih dari sistem operasi bikinan sendiri ke platform Android mulai BlackBerry Priv yang muncul pada akhir 2015. Semenjak itu, semua ponsel BlackBerry menjalankan OS Android.



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.