Cortana dan Alexa Berkumpul di Laptop Windows 10

Kompas.com - 12/01/2018, 06:36 WIB
Surface Laptop adalah salah satu perangkat yang dirancang untuk menjalankan OS terbaru Microsoft, Windows 10 S. MicrosoftSurface Laptop adalah salah satu perangkat yang dirancang untuk menjalankan OS terbaru Microsoft, Windows 10 S.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Asisten suara pintar besutan Amazon, Alexa dikabarkan bakal meluncur pada perangkat dengan sistem operasi Windows 10 tahun ini. Informasi ini pertama kali dikabarkan pada Consumer Electronic Show (CES) yang dihelat pekan ini di Las Vegas, Amerika Serikat.

Sejumlah produsen laptop seperti HP, Lenovo, dan Asus menyambut kabar baik tersebut. Mereka menawarkan diri sebagai merek pertama yang bakal melengkapi laptop mereka dengan fitur Alexa.

Dengan demikian, Cortana yang sudah terintegrasi di Windows 10 bakal memiliki "teman" baru, Alexa.

Asus yang terkenal dengan produk laptop gaming-nya dikabarkan akan menyematkan fitur asisten suara pintar Alexa pada Laptop seri Zenbook dan Vivobook keluaran tahun 2018.

Sedangkan HP bakal mengadopsi asisten suara pintar tersebut pada gawai seri Pavilion Wave-nya. Sedangkan Acer dikabarkan bakal melengkapi fitur ini pada tiga seri notebooknya, yakni Spin, Swift, dan Aspire.

Berdasarkan pernyataan dari Vice President Amazon Alexa, Steve Rabuchin, asisten suara pintar yang diterapkan pada Windows 10 bakal menghadirkan banyak fungsi bagi penggunanya.

Sebab menurut Rabuchin, penyampaian suara adalah perintah yang paling memudahkan pengguna dalam melakukan banyak hal tanpa harus bersinggungan dengan perangkat.   

"Akses kemudahan yang diberikan oleh Alexa di antaranya menyediakan berita atau informasi cuaca, browsing web, streaming konten dan memasang timer," ujar Rabuchin seperti dikutip KompasTekno dari Engadget, Jumat (12/1/2018).

"Ke depannya, hal tersebut tidak butuh pengoperasian secara fisik, sebab semuanya sudah dilakukan oleh Alexa," tambah Rabuchin.

Berdasarkan informasi yang dirilis KompasTekno dari The Verge, Alexa pada Windows 10 dapat diakses dengan menggunakan perangkat keyboard.  

Dirilisnya Alexa di perangkat Windows 10 sekaligus membawanya bersaing langsung dengan asisten suara pintar besutan Microsoft, Cortana.

Asisten suara pintar Alexa memulai debutnya melalui streaming televisi cerdas dan speaker cerdas yang dapat terkoneksi dengan layanan rumah pintar (smart home). Namun saat ini, Alexa mulai mendekat pada perangkat lain seperti gadget dan perangkat komputer.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X