Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Luncurkan Xperia XA2 dan XA2 Ultra

Kompas.com - 12/01/2018, 10:26 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Sony merilis tiga smartphone sekaligus di ajang CES 2018, Las Vegas, Amerika Serikat. Dua di antaranya menyasar pasar kelas menengah, yakni Xperia XA2 dan Xperia XA2 Ultra, sementara satu lainnya untuk kelas budget, yakni Xperia L2.

Xperia XA2 dan XA2 Ultra menawarkan peningkatan dari segi prosesor. Jika seri pendahulunya memakai Mediatek Helio P20 dengan proses fabrikasi 16 nm, duo Xperia XA2 terbaru mengandalkan Qualcomm Snapdragon 630 dengan teknologi 14 nm yang memungkinkan transmisi data lebih cepat.

Salah satu yang membedakan Xperia XA2 dan XA2 Ultra bisa dilihat dari kapasitas baterai. Varian Ultra sedikit lebih garang dengan baterai 3.580 mAh, sementara yang standar hanya 3.300 mAh.

Keduanya sudah dilengkapi fitur QuickCharge 3.0 yang bisa diandalkan untuk mengisi daya 40 persen lebih cepat dari biasanya.

Selain baterai, perbedaan juga tampak dari segi ukuran. Xperia XA2 mengusung tampilan Full HD dengan ukuran layar 5,2 inci. Sementara itu Xperia XA2 Ultra masih dengan tampilan Full HD, tetapi ukurannya 6 inci.

Beberapa spesifikasi lain dari Xperia XA2 adalah RAM 3 GB dengan memori 32 GB yang bisa diekspansi dengan memanfaatkan slot microSD hibrida. Artinya, jika memilih menambah memori, tak bisa lagi menggunakan dual-SIM.

Xperia XA2 UltraGSMArena Xperia XA2 Ultra

Xperia XA2 Ultra lebih besar dari segi kapasitas penyokong performa, RAM-nya 4 GB dan memorinya bisa dipilih antara 32 GB atau 64 GB. Ada slot microSD yang dedicated untuk menambah kapasitas memori.

Ada beberapa perubahan desain jika dibandingkan seri sebelumnya. Kamera utama dipindahkan dari sisi atas kiri ke sisi tengah pada bagian punggung. Kamera itu berjejeran dengan sensor pemindai sidik jari alias fingerprint scanner.

Soal kamera sendiri, Xperia XA2 dan XA2 Ultra sama-sama mengandalkan sensor berkualitas 23 megapiksel dengan bukaan f/2.0 pada sisi belakang. Untuk selfie, kedua lini mengandalkan kamera 8 megapiksel dengan lensa wide dan fixed-focus.

Bedanya, varian Ultra punya kamera ganda alias dual-cam untuk selfie. Selain kamera 8 megapiksel, ada juga kamera 16 megapiksel untuk membidik portrait yang apik.

Xperia XA2 dan XA2 Ultra mulai dipasarkan pada Februari 2018 mendatang.

Sony Xperia L2

Xperia L2GSMArena Xperia L2

Selain duo smartphone kelas menengah, Sony tak melupakan smartphone untuk kelas entry-level. Lini ini memiliki desain yang hampir identik dengan Xperia XA2, tetapi spesifikasinya lebih standar.

Ukurannya 5,5 inci dengan tampilan 720 piksel. Prosesornya menggunakan Mediatek MT6737T, dipadankan dengan RAM 3 GB dan memori 32 GB yang bisa diekspansi dengan slot microSD yang dedicated.

Kameranya mengandalkan sensor berkualitas 13 megapiksel di sisi belakang dan 8 megapiksel untuk selfie. Baterainya sendiri dianggap cukup dengan kapasitas 3,300 mAh. Jika Xperia XA2 dan XA2 Ultra berjalan pada sistem operasi  Android Oreo 8.0, maka Xperia L2 masih dengan Android Nougat 7.1.1.

Lini budget ini mulai dipasarkan pada akhir Januari mendatang. Belum ada daftar harga yang diungkap untuk ketiga lini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com