Kompas.com - 17/01/2018, 08:39 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Dengan angka pengapalan mencapai kisaran 476 juta unit pada 2016, China adalah pasar smartphone terbesar di dunia yang hampir seluruhnya dikuasai merek lokal.

Firma riset Counterpoint mencatat, di antara para vendor smartphone dari luar China, hanya Apple yang produk bikinannya berhasil masuk daftar 10 smartphone terlaris di "Negeri Tirai Bambu" itu.

Laporan Counterpoint mendudukkan dua ponsel iPhone 7 Plus dan iPhone 7 masing-masing di urutan kedua dan ketiga dengan pangsa pasar 2,8 persen dan 2,4 persen.

Posisi teratas ditempati Oppo R9S dengan pangsa pasar yang hanya berbeda sedikit dari iPhone 7 Plus, yakni sebesar 3 persen.

Daftar 10 model smartphone terlaris di China, menurut Counterpoint dalam salah satu laporan terbarunya.Counterpoint Research Daftar 10 model smartphone terlaris di China, menurut Counterpoint dalam salah satu laporan terbarunya.

“Kelima model teratas bersaing ketat,” sebut Counterpoint dalam laporannya. Penjualan rata-rata dari semua model smartphone dalam daftar 10 besar mencapai 1 juta unit per bulan sepanjang 2017.

Counterpoint menambahkan, daftar 10 smartphone terlaris di China didominasi model-model papan tengah. “Kecuali iPhone 7 yang masuk kategori harga premium,” tulis Counterpoint, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Rabu (17/1/2018).

Secara keseluruhan, merek-merek lokal China, yakni Huawei, Oppo, Vivo, dan Xiaomi, menempati delapan dari keseluruhan 10 model smartphone terlaris di China.

Laporan Counterpoint selengkapnya dapat dilihat di tautan berikut.

Baca juga: 5 Vendor Smartphone Paling Laris di Pasar Global

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.