Dipepet Oppo di Indonesia, Samsung Klaim Masih Kuat di Smartphone Premium

Kompas.com - 18/01/2018, 09:31 WIB
Corporate Marketing Director Samsung, Jo Sumidang, Rabu (17/1/2018), usai peluncuran duo Galaxy A8 (2018) dan Galaxy A8 Plus (2018) di Jakarta. Fatimah Kartini Bohang/Kompas.comCorporate Marketing Director Samsung, Jo Sumidang, Rabu (17/1/2018), usai peluncuran duo Galaxy A8 (2018) dan Galaxy A8 Plus (2018) di Jakarta.
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Laporan kuartal III 2017 dari firma riset IDC menunjukkan pangsa pasar Samsung dan Oppo di Indonesia sudah mepet, hanya terpaut 4,5 persen. Samsung menempati posisi pertama dengan pangsa pasar 30 persen, sementara Oppo di posisi kedua dengan pangsa pasar 25,5 persen.

Corporate Marketing Director Samsung, Jo Sumidang, mengatakan pihaknya tak khawatir dengan pertumbuhan Oppo yang agresif. Ia mengatakan kepercayaan masyarakat untuk ponsel premium masih di tangan Samsung, berdasarkan data dari firma pengamat pasar lain.

“Bisa dilihat per segmen. Kalau di segmen premium kami di angka 70 persen menurut GfK,” kata dia, Rabu (17/1/2018), usai peluncuran duo Galaxy A8 (2018) dan A8 Plus (2018) di Jakarta.

Baca juga : Samsung Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus Resmi Masuk Indonesia

Lebih lanjut, ia mengklaim Samsung punya nilai khusus yang akan terus membuatnya dominan di Tanah Air. Kompetisi yang ketat pun dianggap sebagai tantangan untuk berupaya lebih keras.

“Kompetisi itu selalu ada, nggak apa-apa supaya kami kerja lebih keras. Kuncinya kami membawa inovasi yang relevan dan memberi nilai tambah. Sebagai produsen Samsung, apa nih nilai tambahnya? Masih banyak di luar spesifikasi,” kata dia.

Jo Sumidang menyebutkan Samsung sendiri sebagai brand sudah punya nilai tambah di mata konsumen. Selain itu, desain dan fitur yang dibawa Samsung dikatakan inovatif, begitu pula layanan purnajualnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Nilai tambah kami ada dari sisi brand value, desain, lalu juga post-purchase service. Kami itu menyeluruh, bukan cuma spesifikasi meski itu juga kami perhatikan,” ia menuturkan.

Samsung baru saja merilis duo Galaxy A8 (2019) dan A8 Plus (2019) untuk para milenial yang sedang mencapai puncak karirnya. Duo itu merupakan lini pertama Samsung yang disematkan kamera ganda untuk selfie.

Hasilnya, selfie bisa memiliki efek bokeh yang mumpuni. Selain itu, beberapa fitur premium seperti Infinity Display dan Bixby Vision pun disematkan pada Galaxy A teranyar.

“Kami optimis tahun ini. Masih banyak line up yg akan kami luncurkan yang menjawab kebutuhan konsumen. Itu sih resep kami,” Jo Sumidang memungkasi.

Baca juga : Daftar 5 Besar Merek Smartphone di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.