Sebuah Tautan Bisa Bikin iPhone dan iPad Langsung "Hang"

Kompas.com - 19/01/2018, 18:03 WIB
iPhone 8 Plus dalam variasi warna space gray, silver dan gold AppleiPhone 8 Plus dalam variasi warna space gray, silver dan gold
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

Tampilan konten metadata situs yang membuat crash iPhone dan iPad lewat tautan yang dikirim via pesan teks. Apple Insider Tampilan konten metadata situs yang membuat crash iPhone dan iPad lewat tautan yang dikirim via pesan teks.
KOMPAS - Jebakan "text bomb" untuk mengacaukan kerja perangkat Apple lewat kode yang dikirim lewat pesan teks kembali muncul.

Kali ini, seorang pengembang software bernama Abraham Masri menemukan sebuah bug yang bisa dipicu dengan mengklik sebuah tautan yang dikirim lewat aplikasi pesan Messages.

Tautan tersebut menuju ke sebuah situs yang dibikin oleh Masri. Isinya berupa ratusan ribu karakter tak penting dalam metadata. Begitu Messages di perangkat iOS macam iPhone dan iPad hendak memunculkan preview situs, aplikasi tersebut mendadak bakal langsung hang. Sistem operasi pun akan menyusul crash.

"Text bomb" ini bisa dipakai untuk iseng membuat iPhone dan iPad seseorang menjadi crash hanya dengan mengirim si tautan lewat pesan teks, meski Masri mengimbau untuk tidak melakukannya.

Messages pun akan kembali hang saat coba dibuka lagi. Cara untuk mencegahnya adalah dengan cepat-cepat menghapus thread percakapan yang mengandung tautan tersebut.

Domain hosting situs yang dituju oleh tautan juga bisa diblokir lewat fasilitas Parental Restriction di menu settings. Kebetulan situs bikinan Masri menggunakan GitHub sebagai hosting, maka yang mesti diblokir adalah domain GitHub.io.


Sejak muncul awal pekan ini, situs tersebut sudah ditarik kembali oleh Masri karena memang hanya ditujukan untuk demonstrasi adanya bug ke Apple saja. "Saya sudah menyampaikan pesan. Apple harus menanggapi bug semacam ini dengan lebih serius," ujarnya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Independent, Jumat (19/1/2018), Masri mengatakan bahwa dia sudah memberitahu Apple soal bug dimaksud sebelum mempublikasikannya. Karena situs sudah ditarik, tautan yang bersangkutan pun kini tak lagi membuat hang iPhone dan iPad

Adapun Apple kabarnya telah menyiapkan perbaikan untuk bug "text bomb"  dimaksud lewat sebuah update iOS pekan depan, kemungkinan IOS versi 11.2.5 yang memang sudah mendekati akhir masa beta testing.

Untuk komputer Mac yang juga terdampak, Apple diperkirakan bakal menyertakan perbaikan bug temuan Masri dalam update Mac OS High Sierra versi 10.13.3 yang kemungkinan bakal dirilis berdekatan dengan IOS 11.2.5.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X