Kompas.com - 20/01/2018, 09:08 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.COM - Pasca dicekalnya unggahan video Logan Paul, Youtube kembali menghapus sejumlah video lain. Kali ini, video bertema "Tide Pod Challenge" dikabarkan bakal diberangus dari semua channel situs streaming video tersebut.

Langkah ini dilakukan YouTube untuk mencegah terjadinya aktivitas berbahaya yang kemudian berdampak pada fisik. Sebab menurut Pedoman Komunitas YouTube, konten seperti itu memang jelas dilarang.

"Kami berupaya menghapus video yang ditandai dengan cepat yang melanggar kebijakan kami," kata juru bicara YouTube seperti dikutip KompasTekno dari Engadget, Sabtu (20/1/2018).

Tide Pod Challenge sendiri merupakan tantangan yang belakangan ini populer di kalangan remaja Amerika Serikat. Untuk ikut andil dalam tantangan ini, peserta diwajibkan menelan dan mengunyah deterjen merek Tide yang memiliki bungkus unik, layaknya permen.

Ketika melakukan tantangan tersebut, peserta biasanya mengambil gambar atau mengunggah video ke media sosial seperti YouTube. Agar terlihat lebih eksis, posting video tersebut diberi tagar #TidePodChallenge

Dilansir KompasTekno dari Washington Post, sejak awal 2018, sudah ada 37 remaja dilaporkan memasukkan bungkusan deterjen dengan sengaja ke mulut mereka. Bahkan beberapa dari mereka berakhir di rumah sakit lantaran keracunan.

Menanggapi kejadian ini, produsen deterjen Tide, Procter & Gamble angkat bicara. Melalui juru bicara, mereka menyatakan keprihatinannya terhadap tantangan yang sudah beredar di kalangan remaja AS tersebut. Sebab, deterjen cair bukan makanan.

"Seharusnya produk tersebut tidak dimainkan sebagai lelucon. Seperti produk pembersih lainn Tide harus digunakan secara benar dan disimpan dengan aman," ujar Juru Bicara Procter & Gamble.

Selain YouTube, pencekalan juga bakal dilakukan oleh Facebook dan Instagram. Caranya adalah dengan menghapus seluruh konten bertagar #TidePodChallenge dari lamannya.
 

Perjalanan challenge di YouTube

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.