Kompas.com - 22/01/2018, 19:06 WIB
Tim Cook berpidato di depan mahasiswa MIT kelas 2017. IncTim Cook berpidato di depan mahasiswa MIT kelas 2017.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Apple sempat diminta dua investor besarnya untuk mengontrol ketergantungan smartphone pada anak, termasuk penggunaan sosial media.

Sebelum menerapkan di produk perusahaannya, ternyata CEO Apple sudah melarang keponakannya sendiri untuk menggunakan media sosial, termasuk Facebook.

Ia sendiri mengaku khawatir dengan efek penggunaan teknologi dan media sosial yang berlebih. Hal tersebut diungkapkannya ketika menjadi pembicara di Harlow College, Inggris.

"Saya tidak percaya hal-hal yang berlebihan (teknologi). Saya tidak percaya bahwa kita akan sukses dengan menggunakannya (teknologi) sepanjang waktu", jelas Cook.

Baca: Apple Siapkan Fitur Kontrol Kecanduan Ponsel pada Anak

Cook mengatakan jika dirinya sangat peduli terhadap keluarganya.

"Saya tidak memiliki anak, tapi saya memiliki keponakan yang saya batasi. Ada beberapa hal yang tidak saya izinkan. Saya tidak ingin mereka menggunakan media sosial", ujar Cook.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keponakan Cook diketahui akan beranjak remaja. Jika dilihat, batas usia minimum untuk mendaftar akun Facebook adalah 13 tahun. Pada kenyataannya, regulasi tersebut sering diabaikan.

Dihimpun KompasTekno dari Cnet, Senin (22/1/2018), pemilik akun Facebook di bawah usia 13 tahun saat ini diperkirakan mencapai 7,5 juta. Di Inggris sendiri pemilik akun Facebook berusia 12 tahun sebanyak 51 persen, dan berusia 10 tahun mencapai 28 persen.

Baca juga: Facebook Luncurkan Messenger Khusus Anak

Memang, pernyataan Cook tidak serta merta ditujukan kepada Facebook. Namun, Facebook dan bermacam media sosial lain menuai kritikan yang dianggap merusak psikis anak-anak dan menjadi perhatian khusus di Silicon Valley saat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.