Kompas.com - 22/01/2018, 20:04 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Fitur jejaring sosial untuk berbagi foto, Instagram tidak menyediakan pilihan untuk mengunduh foto atau video yang telah dipublikasi. Untuk dapat memiliki foto yang diinginkan, pengguna biasanya melakukan trik melalui tangkapan layar (screenshot).

Sayangnya, tangkapan layar sering menghasilkan gambar dengan resolusi kecil. Sehingga jika diperbesar atau dipindahkan ke desktop, gambar tersebut akan pecah.  

Sebetulnya, ada trik khusus untuk mengunduh foto yang telah diunggah di Instagram. Berdasarkan informasi yang dikutip KompasTekno dari WikiHow, Senin (22/1/2018) trik ini memerlukan aplikasi pihak ketika.

Penasaran bagaimana caranya? Lebih lanjut, berikut langkah dan ulasannya:

1. Buka laman DownloadGram seperti yang tertera berikut. Setelah laman tersedia, buka tab baru di browser untuk mengakses Instagram, dan masuk ke akun Anda.

DownloadgramRizky.C.Septania Downloadgram

2. Setelah masuk ke dalam akun, pilih foto yang ingin diunduh dari Instagram.

DownloadgramRizky.c Septani Downloadgram

3. Setelah menemukan foto yang diinginkan, carilah tiga titik yang terdapat pada bagian bawah frame Instagram. Klik opsi tersebut dan klik pilihan "Go To Post" untuk mendapat alamat URL.

 

DownloadGramRizky.C.Septania DownloadGram

4. Salin (copy) alamat URL Instagram yang telah tertera di bagian atas. Kembali ke halaman DownloadGram, dan sematkan (paste) URL tadi ke kolom yang disediakan.

DownloadGramRizky.C.Septania DownloadGram

5. Setelah dipindah, tekan tombol Download. Akan muncul ikon lingkaran proses pemuatan foto. Tunggu sebentar hingga proses selesai.

DownloadGramRizky.C.Septania DownloadGram

6. Setelah selesai, Tekan tombol Download Image, foto akan terunduh secara otomatis

DownloadGramRizky.C.Septania DownloadGram

Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber wikihow

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.