Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HMD Siapkan Ponsel Nokia dengan Lima Kamera?

Kompas.com - 23/01/2018, 09:15 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Smartphone masa kini mulai banyak yang menerapkan teknologi dual-camera, sehingga secara keseluruhan memiliki lebih dari dua kamera, bukan kamera depan dan belakang saja.

HMD Global kabarnya bakal melangkah lebih jauh dengan menyiapkan smartphone Nokia yang memiliki bukan dua, tiga, atau empat kamera, melainkan lima kamera sekaligus.

Dugaan mengenai keberadaan ponsel bersangkutan muncul dari keterangan yang berasal dari  sumber di Foxconn, rekanan manufaktur hardware HMD Global selaku pemegang lisensi merek smartphone Nokia.

Bocoran sketsa yang disinyalir memperlihatkan modul Penta-Lens milik Nokia 10.Nokia Power User Bocoran sketsa yang disinyalir memperlihatkan modul Penta-Lens milik Nokia 10.
Disebutkan bahwa ponsel Nokia tersebut akan memiliki modul kamera “Penta-Lens”, berisi tujuh lubang yang disusun secara melingkar seperti dalam bocoran gambar sketsa di samping.

Lima lubang akan diisi oleh lensa kamera, satu untuk LED flash, lalu satu lagi untuk komponen pemindai sidik jari.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Nokia Power User, Selasa (23/1/2018), ada kemungkinan modul “Penta-Lens” ini menerapkan banyak lensa dengan focal length (lebar sudut pandang) berbeda yang bisa dipilih oleh pengguna.

Bocoran informasi yang sama turut menyebutkan bahwa sang ponsel dengan lima kamera bakal dinamai “Nokia 10”.

Spesifikasi lain dari Nokia 10 disinyalir mencakup desain layar bezel less dengan aspect ratio 18:9 serta bagian punggung yang turut dilapis kaca. Sementara, dapur pacunya mengandalkan chip Snapdragon 845.

Tentu, karena masih berupa rumor, keberadaan perangkat yang bersangkutan belum bisa dipastikan. Belum tentu juga bakal dirilis ke pasaran kalaupun betul ada.

Sebelumnya, HMD Global ramai dikabarkan tengah menyiapkan ponsel high-end lain bernama Nokia 9 yang sudah dilengkapi kamera ganda di sisi depan dan belakang, dengan jumlah total empat kamera.

Sejauh ini Nokia 9 juga belum benar-benar terbukti ada dan diresmikan oleh HMD Global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com