YouTuber yang Ditolak Hotel di Dublin Malah Ditagih Rp 86 Miliar

Kompas.com - 23/01/2018, 20:11 WIB
YouTuber Elle Darby yang jadi pembicaraan setelah ditolak menginap di hotel di Dublin. YouTubeYouTuber Elle Darby yang jadi pembicaraan setelah ditolak menginap di hotel di Dublin.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Permintaan YouTuber asal Inggris, Elle Darby untuk bermalam gratis di Charleveille Lodge Hotel sebagai ganti review positif ditolak mentah-mentah oleh penginapan mewah di Dublin, Irlandia tersebut.

Percakapan e-mail antara pemilik hotel, Paul Stenson, dan Darby dipublikasikan di internet dan menjadi viral sehingga banyak mengundang komentar di seluruh dunia.

Persoalan tak berhenti sampai di situ. Belakangan, Charleveille Lodge mengirim invoice atau tagihan senilai 5.289.000 Euro ke alamat Darby. Jika dirupiahkan, nilainya mencapai Rp 86 miliar.

Rupa-rupanya pihak hotel merasa Darby mendapat keuntungan berupa publikasi dari persengketaan mereka yang menjadi berita viral.

Invoice Charleveille Lodge menyatakan biaya senilai puluhan miliar rupiah itu ditagihkan untuk “114 artikel di 20 negara dengan jangkauan potensial ke sebanyak 450 juta orang”. Tak lupa dicantumkan pajak pertambahan nilai sebesar 23 persen.


“Pembayaran mesti dilakukan dalam mata uang Euro. Kami tidak menerima Poundsterling. Mention dalam video tak dianggap sebagai bentuk pembayaran,” tulis invoice yang fotonya diunggah oleh Stenson, lewat akun Twitter White Moose Cafe yang juga dimilikinya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Sun, Selasa (23/1/2018), invoice tersebut agaknya hanya dimaksudkan sebagai lelucon berupa sindirian saja dan tidak serius meminta uang dari Darby.

Tolak menginap gratis

Persoalan bermula ketika para pertengahan Januari lalu Darby mengirim e-mail ke manajemen Charleveille Lodge. Dalam suratnya, selebriti medsos dengan 87.000 subscriber YouTube dan 76.000 pengikut di Instagram itu menawarkan ulasan hotel di video YouTube atau Instagram dengan imbalan bisa menginap cuma-cuma selama lima hari.

“Saya bersama rekan berencana datang ke Dublin untuk liburan akhir pekan Valentine dari 8 Februari sampai 12 Februari dan jalan-jalan di sekitar Dublin,” tulis Darby. “saat sedang mencari tempat menginap, saya menemukan hotel Anda yang menakjubkan.”

Surat tersebut mendapat tanggapan negatif dari Stenson yang menolak sekaligus mengkritik penawaran Darby. “Bila saya memberikan akomodasi gratis kepadamu dengan imbalan ulasan video, siapa yang akan membayar staf hotel yang melayanimu?” balas Stenson.

“Mungkin sekalian saja saya bilang pada staf hotel bahwa mereka akan diulas dalam videomu sebagai ganti pembayaran untuk pekerjaan yang mereka lakukan selagi Anda tinggal di sini?” imbuh dia menyindir.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Sun
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X