Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android 8.1 Oreo Bisa Tahu Kecepatan WiFi Sebelum Terkoneksi

Kompas.com - 24/01/2018, 08:32 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Google baru saja mengumumkan fitur baru yang hadir di Android 8.1 Oreo.
Fitur ini akan menampilkan informasi kecepatan jaringan Wi-Fi publik, sebelum pengguna terhubung ke jaringan.

Jaringan WiFi publik yang dimaksud di sini adalah yang tidak dilindungi password dan bisa diakses oleh umum.

Ada empat kategori yang digunakan sebagai parameter kecepatan Wi-Fi, dimulai dari yang paling cepat, yakni Very Fast, Fast, OK, dan paling lamban Slow.

Jaringan yang berkategori Very Fast dengan kecepatan di atas 20 Mbps, bisa digunakan pengguna Android untuk melakukan streaming video berkualitas tinggi.

Sementara jaringan berkategori Fast dengan kecepatan 5-20 Mbps hanya mampu untuk melakukan streaming video berkualitas sedang.

Baca: Distribusi Android Oreo Tak Semanis Namanya

Untuk kategori OK dengan kecepatan 1-5 Mbps hanya mengizinkan pengguna Android Oreo untuk membuka situs, menikmati musik streaming, dan menggunakan media sosial.

Sedangkan kategori Slow yang hanya memiliki kecepatan di bawah 1 Mbps, hanya disarankan untuk melakukan chatting atau voice call melalui layanan pesan instan saja.

Fitur pendeteksi kecepatan WiFi publik ini juga bisa dinon-aktifkan jika tidak diinginkan pengguna Android. Untuk melakukannya, buka menu Settings > Network & Internet > Wi-Fi > Wi-Fi Preferences > Advanced > Network rating provider > None.

Fitur ini tidak akan muncul pada jaringan Wi-Fi pribadi atau yang memiliki password dengan alasan privasi dan keamanan jaringan, sebagaimana KompasTekno himpun dari Mobile Syrup, Rabu (24/1/2018).

Baca: Fitur Baru Android Oreo Perpanjang Umur Baterai

Android Oreo sendiri memiliki fitur untuk mengaktifkan Wi-Fi secara otomatis. Sistem operasi (OS) ini akan melacak lokasi perangkat, lantas menghubungkannya dengan jaringan wi-Fi yang sudah pernah terkoneksi sebelumnya secara otomatis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com