Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Pasang GIF di Instagram Stories

Kompas.com - 24/01/2018, 11:27 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Instagram

KOMPAS.com - Fitur penyematan gambar bergerak GIF di Instagram Stories sudah diuji coba sejak September 2017 lalu, lantas diboyong ke beberapa negara pada awal pekan ini. Indonesia menjadi salah satu negara yang pertama mencicipinya.

Kini, fitur anyar tersebut resmi dirilis secara bertahap untuk seluruh pengguna Instagram Android dan iOS versi terbaru. Pengguna bisa saling bertukar gambar bergerak GIF yang disisipkan pada konten Instagram Stories, baik berupa video maupun foto.

Pengumuman kehadiran fitur GIF di Instagram Stories disampaikan melalui blog resmi Instagram.

GIF yang tersedia berasal dari perpustakaan gambar bergerak Giphy. Sebelumnya, Facebook yang merupakan induk Instagram sudah lebih dulu menggandeng Giphy pada 2017 lalu untuk menyediakan dukungan GIF di kolom komentar.

Fitur GIF di Instagram Stories.Instagram Fitur GIF di Instagram Stories.

Lantas, bagaimana cara menyisipkan konten GIF di Instagram Stories? Pertama-tama, buat konten Instagram Stories seperti biasanya, baik dalam bentuk foto atau video.

Selanjutnya, pilih ikon untuk mengakses stiker di sisi atas antarmuka Instagram Stories. Anda bakal menemukan kolom pencarian GIF dari Giphy di bawah stiker lokasi dan ikon kamera.

Pilih ikon untuk pencarian GIF, lantas masukkan kata kunci apa saja, semisal “kucing”, “tarian”, “burger”, dan sebagainya. Pilih GIF yang Anda suka, lalu akan muncul sebagai pemanis pada konten Instagram Stories.

Seperti stiker jenis lain, stiker GIF juga bisa diatur ukurannya dan disetel penempatannya. Jika tak sesuai, GIF bisa dihapus dengan mekanisme yang lumrah ketika menghapus stiker, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (24/1/2018), dari situs resmi Instagram.

Untuk menikmati fitur ini, pastikan Anda sudah memperbarui aplikasi Instagram ke versi 29 lewat Google Play Store atau Apple App Store.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Instagram
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com