Jutaan Android "Hang" Tiap Hari gara-gara Ucapan Selamat Pagi

Kompas.com - 26/01/2018, 07:07 WIB
Ilustrasi WhatsApp.Ist Ilustrasi WhatsApp.

KOMPAS.com — Di India ada sekitar 200 juta akun WhatsApp aktif. Para pengguna WhatsApp di negeri tersebut punya kebiasaan unik, yakni mengirim ucapan “selamat pagi” ke kawan-kawannya saban mengawali hari.

Ucapan selamat pagi itu biasanya disertai dengan aneka gambar atau video pendek, kadang juga slogan norak seperti “Selamat pagi bunga mawarku. Wangimu membuat segala kendala hidup bisa ditanggung”.

Meski unik, kebiasaan ini ternyata berdampak buruk buat ponsel-ponsel Android low-end berspesifikasi rendah, yang banyak dipakai warga India pengguna WhatsApp.

Kebanyakan ponsel Android tersebut hanya memiliki memori berkapasitas kecil sehingga kerap hang ketika menerima file foto atau video ucapan selamat pagi dari banyak teman atau kerabat di WhatsApp. File multimedia itu kadang berukuran besar.

Jumlah perangkat yang hang gara-gara memorinya penuh terisi foto atau video ucapan selamat pagi ini pun terbilang banyak.

Baca: Memori Android Kepenuhan? Ini 4 Solusinya

Berdasarkan  survei yang dilakukan Western Digital pada 2016, setiap hari satu dari tiga perangkat Android kehabisan memori dibandingkan satu dari sepuluh perangkat yang mengalami hal serupa di Amerika Serikat.

Apabila disandingkan dengan angka pengguna WhatsApp di India, berarti setiap hari ada puluhan juta perangkat Android yang hang di sana.

Pemburu selamat pagi

Google selaku pemilik Android pun sempat pusing mencari tahu kenapa ada banyak ponsel Android yang hang di India.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


PenulisOik Yusuf
EditorReska K. Nistanto
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X