Setelah Instagram dan Facebook, Giliran Twitter Tiru Snapchat?

Kompas.com - 26/01/2018, 17:27 WIB
Ilustrasi Twitter IstIlustrasi Twitter
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Proses mengunggah video di Twitter selama ini terbilang kurang praktis. Pnegguna mesti lebih dulu memilih penulisan tweet baru (compose), mengklik tombol kamera, merekam tombol record untuk merekam video (atau foto), lalu baru tekan “tweet” untuk mengunggah.

Ke depan, mungkin proses tersebut bakal disederhanakan karena Twitter kabarnya sedang mengembangkan fitur penggunggah video yang lebih simpel, mirip Snapchat.

Dengan mempermudah proses mengunggah video, Twitter berharap bakal mendorong penggunanya untuk lebih rajin berbagi video tentang segala sesuatu yang terjadi di sekitar.

Pada akhirnya, menurut keterangan sumber internal yang dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Jumat (26/1/2018), pihaknya mengharapkan proses upload video yang lebih simpel bisa menarik lebih banyak pengguna untuk bersosialisasi di Twitter.

Masih belum diketahui seperti apa persisnya fitur upload video baru di Twitter ini nantinya. Demikian juga waktu debutnya yang masih belum jelas, hanya disebut akan hadir dalam “beberapa bulan ke depan”.

Beberapa waktu lalu CEO Twitter Jack Dorsey memang sempat memuji aplikasi Snapchat dengan menyebutnya “sangat modern”. Pengguna Snapchat bisa melihat foto dan video kiriman teman atau konten dari partner media hanya dengan sebuah sapuan jari.

Sebaliknya dari Snapchat, Dorsey juga mengaku bahwa aplikasi Twitter bisa “membingungkan” bagi sebagian pengguna. Ucapannya itu boleh jadi merupakan indikasi bahwa Twitter bakal meniru Snapchat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum Twitter, fitur Stories Snapchat telah lebih dulu terang-terangan dijiplak oleh Facebook dan dua layanan lain yang dimilikinya, yakni Instagram dan WhatsApp.

Ironisnya, fitur Stories di Instagram malah menjadi lebih populer dengan 300 juta pengguna aktif harian per November lalu, dibandingkan Snapchat yang memiliki 173 juta pengguna aktif harian secara keseluruhan.



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X